PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO DENGAN METODE SQ3R TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan yang dikaji dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan penerapan kemampuan membaca pemahaman teks biografi serta pengaruh dan peningkatan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo setelah mengikuti pembelajaran dengan metode SQ3R. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilaku-kan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan diskusi. Hasil penelitian ini: (1) penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana biografi dilakukan dalam siklus. Secara umum, langkah pembelajaran dengan metode SQ3R adalah: kegiatan awal, berisi apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; kegiatan inti, meliputi penjelasan materi mengenai teknik membaca yang baik, pembagian wacana biografi, siswa men-survey bacaan dengan baca cepat dan menandai bacaan, siswa menyusun pertanyaan yang berkaitan dengan wacana, siswa membaca pemahaman wacana biografi dengan teliti, siswa menjawab pertanyaan yang telah dibuat, siswa me-review atau mengulangi pembacaan, dan evaluasi; kegiatan akhir, berisi penyimpulan hasil belajar, saran dan pesan moral kepada siswa berkaitan dengan wacana biografi yang telah dibaca, serta refleksi; (2) peng-gunaan metode SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman wacana biografi memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo; (3) kemampuan membaca pemahaman wacana biografi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan metode SQ3R. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus adalah 45,62 (kategori kurang) yang meningkat sebesar 27,35% pada siklus I menjadi 72,97 (kategori cukup). Selanjutnya, meningkat lagi pada siklus II sebesar 6,36% menjadi 79,22 (kategori baik).
Kata kunci: membaca pemahaman, teks biografi, metode SQ3R.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.