ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL MENEBUS IMPIAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Ngismatul Marfuah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek sosial yang terdapat dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy terutama aspek cinta kasih, agama, ekonomi, dan pendidikan, (2) mendeskripsikan hubungan aspek‐aspek sosial dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy, (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Objek penelitian ini adalah aspek sosial dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy. Fokus penelitian ini adalah aspek sosial dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Instrument penelitian ini adalah kartu pencatat dan alat tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data digunakan teknik analisis isi, yaitu membahas dan mengkaji isi novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy. Teknik penyajian hasil analisis digunakan teknik metode informal adalah penyajian hasil analisis data dengan kata‐kata biasa. Dari pembahasan data, penulis memperoleh simpulan (1) aspek‐aspek sosial dalam novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy, meliputi (a) aspek cinta kasih terdiri dari cinta kasih antara Nur Kemalajati kepada Emak, cinta kasih Emak kepada Nur Kemalajati, dan cinta kasih Nur Kemalajati kepada Dian Septiaji, (b) aspek agama ditunjukkan dengan ketaatan dalam menjalankan perintah agama, (c) aspek ekonomi ditunjukkan dengan adanya perubahan tingkat perekonomian, (d) aspek pendidikan terdiri dari pendidikan formal dan non‐formal. (2) hubungan aspek‐aspek sosial dalam novel Menebus Impian antara lain: (a) hubungan aspek cinta kasih dengan aspek pendidikan, (b) aspek cinta kasih dengan ekonomi, (c) aspek ekonomi dengan aspek pendidikan. (3) novel Menebus Impian karya Abidah El Khalieqy dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di kelas XI SMA. Skenario pembelajaran yang digunakan pada skripsi ini adalah pembelajaran group investigation.

Kata kunci: aspek sosial dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.