ANALISIS PSIKOLOGI BAWAH SADAR NOVEL LIPSTIK KARYA ACHMAD MUNIF DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Chasanah Tesa Soraya

Abstract


: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) aspek psikologis novel Lip­stik Karya Achmad Munif, (2) unsur kesadaran pada novel Lipstik Karya Achmad Munif, (3) unsur bawah sadar pada novel Lipstik Karya Achmad Munif, (4) penerapan pembelajar­an novel Lipstik karya Achmad Munif di Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa novel Lipstik Karya Achmad Munif. Objek penelitian adalah unsur bawah sadar tokoh utama novel Lipstik Karya Achmad Munif dan pembelajarannya di kelas XI SMA. Fokus penelitian adalah eros, thanatos, kecemas‐ an, dan rasionalisasi. Sumber data berasal dari kutipan langsung, kutipan tidak langsung, adegan, dan dialog dalam novel Lipstik Karya Achmad Munif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan data kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis dilakukan dengan teknik informal. Dari hasil analisis dapat disimpulkan: (1) aspek psikologis id pada tokoh utama sangat kuat dan menguasai seluruh kepribadian, dapat dilihat dari perilaku tokoh Wulan yang ditun­juk­kan pada perasaan muak dan suka pada lawan jenis, aspek psikologis ego tidak terlalu kuat dan bersifat sementara, dapat dilihat dari perilakunya yang secara sadar dan tak sa­dar melalui realitas kehidupan, dan aspek psikologis superego pada tokoh utama, dapat dilihat dari perilakunya yang secara sadar dengan keyakinannya terhadap Tuhan; (2) uns­ur kesadaran tokoh utama bersifat sementara hal tersebut dapat terlihat dari perilakunya yang sadar yaitu mengetahui siapa dia, sedang apa dia, sedang di mana dia, apa yang terjadi di sekitarnya, dan bagaimana dia memperoleh yang diinginkannya; (3) unsur ba­wah sadar tokoh utama adalah eros dan thanatos. Eros tokoh utama ditunjukkan dengan perilakunya yang bersifat menunjang kehidupan, dan thanatos ditunjukkan dengan peri­la­ku yang bersifat merusak; (4) pembelajaran novel Lipstik Karya Achmad Munif di Ke­las XI SMA dapat diterapkan dengan model pembelajaran Group Investigation menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Tahap penyaji­an dilakukan dengan pelacakan pendahuluan, penentuan sikap, introduksi, penyajian, dis­kusi, dan pengukuhan, dengan kegiatan pembelajarannya melalui dua kali pertemuan, dan evaluasinya dilakukan melalui tes objektif maupun tes subjektif. Novel Lipstik Karya Achmad Munif layak diajarkan di SMA sebagai bahan pembelajaran sastra karena di da­lam novel ini banyak terkandung psikologi jiwa dari tokoh‐tokohnya sehingga dapat dijadikan contoh bagi siswa sekaligus memotivasi siswa untuk terus belajar.

Kata kunci: aspek psikologis, unsur bawah sadar, pembelajaran novel Lipstik

Achmad Munif


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.