PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual siswa Kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, (2) mendeskripsikan pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, (3) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual pada siswa kelas VIII MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Dalam analisis data digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) proses pelaksanaan pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual diawali prasiklus, dilanjut-kan siklus I, dan siklus II. Proses pembelajaran prasiklus siswa menulis puisi tanpa menggunakan media audio visual. Pada siklus I dan siklus II pembelajaran mulai meng-gunakan media audio visual melalui film yang sudah disiapkan guru, langkah-langkah dalam menulis puisi melalui film, yaitu (a) siswa mengamati film; (b) mencatat kata-kata yang dapat dibuat puisi; (c) mengembangkan kata menjadi sebuah puisi, Kegiatan pem-belajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, (2) aktifitas belajar siswa mengalami perubahan sikap dan minat pada saat proses pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual. prasiklus 32,85%, siklus I 59,28%, dan siklus II 71,42%, dan (3) hasil pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media audio visual mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata prasiklus sebesar 62,57, siklus I 72,28, dan siklus II 75,17.
Kata Kunci: menulis puisi, audio visual.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.