ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA DALAM ARGUMENTASI RUBRIK “PIKIRAN PEMBACA” SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT EDISI JANUARI 2013, RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI, DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA PADA SISWA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan bentuk pematuh-an prinsip kesantunan berbahasa pada rubrik “Pikiran Pembaca” surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi Januari 2013; (2) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa pada rubrik “Pikiran Pembaca” surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi Januari 2013; (3) mendeskripsikan relevansi kesantunan berbahasa dalam rubrik “Pikiran Pem-baca” surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi Januari 2013 dengan pembelajaran menulis argumentasi pada siswa kelas X semester 2 SMA; dan (4) mendeskripsikan skenario pembelajaran menulis argumentasi menggunakan media rubrik “Pikiran Pembaca” surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi Januari 2013 pada siswa kelas X semester 2 SMA. Peng-umpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik padan jenis pragmatis. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) bentuk pematuhan prinsip kesantunan berbahasa lebih banyak ditemukan daripada bentuk pe-langgaran prinsip kesantunan berbahasa, (2) bentuk pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa lebih sedikit ditemukan daripada bentuk pematuhan prinsip kesantunan ber-bahasa, (3) kesantunan berbahasa dalam rubrik “Pikiran Pembaca” surat kabar Kedaulat-an Rakyat edisi Januari 2013 relevan sebagai bahan pembelajaran menulis argumentasi pada siswa kelas X semester 2 SMA pada kompetensi dasar 12.1., dan (4) skenario pem-belajaran menulis argumentasi menggunakan media rubrik “Pikiran Pembaca” surat ka-bar Kedaulatan Rakyat edisi Januari 2013 pada siswa kelas X semester 2 SMA dengan langkah-langkah, yakni pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi), dan pe-nutup.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, argumentasi, rubrik “Pikiran Pembaca”, bahan pem-belajaran, dan skenario pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.