PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR RUANG KELAS (OUTDOOR STUDY) PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pem- belajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor study) pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013; (2) pengaruh penggunaan metode pembelajaran di luar ruang kelas ter-hadap minat dan sikap siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013; (3) peningkatan keterampilan me-nulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013. Pengambilan data di- lakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode pem-belajaran di luar ruang kelas dilakukan mulai dari siklus I, siklus II dan masing-masing siklus sama-sama melaksanakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. (2) perubahan sikap siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi kualitas menjadi lebih baik dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas (3) pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo. Skor prasiklus sebesar 72, siklus I sebesar 77,5, dan siklus II sebesar 81,2. Secara keseluruhan peningkatan hasil nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 9,0.
Kata kunci: paragraf deskripsi, metode pembelajaran di luar ruang kelas
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.