PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PHOTO STORY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Anggun Tri Suciati

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembe­lajaran menulis puisi dengan photo story; (2) pengaruh siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan photo story pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo; (3) peningkatan kete­ram­pilan menulis puisi dengan photo story pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian kolaboratif dengan pihak lain untuk menciptakan kinerja guru yang lebih baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes; dan teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam penyajian hasil analisis digunakan metode penyajian informal. Dari penelitian ini dapat disimpul­kan: (1) penerapan pembelajaran pada tahap prasiklus berupa pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan media pembelajaran apapun, selanjutnya langkah-langkah pe­nerapan pembelajaran menulis puisi dengan photo story pada tahap siklus I dan II, meli­puti: (a) pembagian lembar photo story dengan tema membuang sampah sembarangan dan masa kanak-kanak, (b) siswa mengamati photo story tersebut dan mendata kata-kata yang sesuai dengan objek photo story tersebut, (c) siswa memilih kata-kata yang tepat yang dapat mewakili makna puisinya dan kata-kata tersebut dipadukan, kemudian dirangkai menjadi baris dan bait puisi; (2) pengaruh penggunaan media photo story da­lam pembelajaran menulis puisi, yaitu: pada tahap prasiklus terlihat bahwa antusias sis­wa, keaktifan siswa dan situasi kelas saat pembelajaran berlangsung masih kurang baik dengan skor rata-rata 50, pada siklus I mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 65,3, sedangkan pada siklus II juga mengalami peningkatan yang lebih baik, dengan skor rata-rata 80; (3) peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus adalah 55,35. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat 69,43. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 74,65. Berdasarkan hasil penilaian dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menulis puisi dengan baik sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Kata kunci: keterampilan menulis puisi, media photo story


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.