PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Tri Budiningrum

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran audio visual dalam menulis narasi ekspositoris pada peserta didik kelas VII MTs Negeri Purworejo, (2) pengaruh pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan audio visual pada peserta didik kelas VII MTs Negeri Purworejo, dan (3) peningkatan kemampuan pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan media audio visual pada peserta didik kelas VII MTs Negeri Purworejo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan media audio visual meliputi a) penyampaian materi, b) menayangkan film, c) menuliskan pokok-pokok atau kejadian penting yang ada dalam film, d) membuat kerangka narasi, e) mengembangkan kerangka menjadi narasi ekspositoris, f) menyampaikan simpulan. (2) pembelajaran menulis narasi ekspositoris menggunakan audio visual memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku peserta didik kelas VII MTs Negeri Purworejo. Hasi observasi menunjukkan perubahan positif peserta didik dengan hasil prasiklus sebesar 35,29; siklus I 79,41; dan siklus II 85,29; (3) kemampuan peserta didik dalam menulis narasi ekspositoris pada prasiklus sebesar 67,35, pada siklus I sebesar 75,38, dan pada siklus II sebesar 80,05.

Kata kunci: menulis, narasi ekspositoris, audio visual, peserta didik


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.