METODE FIELD TRIP SEBAGAI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siti Laelatun Nurul Hikmah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode field trip pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo tahun pelajaran 2013/2014; (2) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode field trip. Dalam pe-ngumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Dalam teknik penyajian data yang digunakan adalah penyajian formal. Dari hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) penerapan metode field trip dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo dilakukan dengan cara belajar me-ninjau dan mengamati keadaan objek berdasarkan pengalaman siswa dengan lingkungan nyata siswa di sekolah dan masyarakat (2) ke-terampilan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan metode field trip pada siswa kelas X SMA Pancasila Puworejo tahun pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan. Pada prasiklus, siswa memperoleh rata-rata menulis paragraf deskripsi sebesar 53,16 dan dapat dikategorikan kurang. Pada siklus I, siswa memperoleh rata-rata sebesar 65,2, dan termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II, siswa memperoleh rata-rata sebesar 71,64 dan dapat dikategorikan baik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa melalui metode field trip, keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Pancasila Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 me­ningkat.

Kata Kunci: keterampilan menulis, paragraf deskripsi, metode field trip


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.