PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA MENGGUNAKAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUTOARJO
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk men deskripsikan (1) penerapan pembelajaran menyimak berita menggunakan metode TGT pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutoarjo; (2) pengaruh penerapan metode pembelajaran TGT pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutoarjo; (3) peningkatan keterampilan menyimak berita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode TGT pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutoarjo Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah memperoleh pembelajaran dengan metode TGT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah pembelajaran menyimak berita menggunakan metode TGT pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutoarjo adalah, kegiatan awal, berupa apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran; kegiatan inti, penjelasan materi menyimak berita, pemutaran rekaman berita, diskusi, mengerjakan soal; kegiatan akhir, berisi penyimpulan hasil belajar dan refleksi; (2) pembelajaran menyimak berita menggunakan metode TGT memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kutoarjo. Hasil observasi menunjukkan perubahan positif siswa dengan hasil prasiklus sebesar 34, 29; siklus I 74, 29; dan siklus II 82, 85; (3) kemampuan siswa dalam menyimak berita pada prasiklus sebesar 53, 82; siklus I sebesar 68, 4; dan siklus II sebesar 7, 71.
Kata Kunci: menyimak, berita, metode Teams Games Tournaments (TGT).
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.