PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL SAVI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model SAVI dalam pembelajaran menulis persuasi pada siswa kelas X SMA Negari 1 Petanahan; (2) proses model SAVI dalam pembelajaran menulis persuasi pada siswa kelas X SMA Negari 1 Petanahan; dan (3) peningkatan kemampuan menulis persuasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Petanahan setelah digunakan model SAVI. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis persuasi dengan model SAVI adalah siswa memperhatikan contoh pidato dalam video (auditory), siswa mengambil undian sebelum menulis persuasi (somatic dan visualization), dan siswa menulis persuasi dengan pengetahuan yang dimilikinya sesuai dengan kertas undian yang didapat (intellectually); (2) proses model SAVI dalam pembelajaran menulis persuasi pada siswa kelas X SMA Negari 1 Petanahan memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa. Pada siklus I masih terdapat siswa yang berbicara sendiri, mengantuk, mengganggu temannya, dan tidak memperhatikan penjelasan pendidik. Namun, pada siklus II siswa sudah mengalami perubahan sikap dan terdapat peningkatan pada aktivitas belajar; dan (3) Peningkatan skor rata-rata hasil tes pada tahap prasiklus mencapai 59,00 dan rata-rata tes siklus I adalah 68,19 atau terjadi peningkatan 9,19. Nilai rata-rata tes siklus II mencapai 75,54 atau terjadi peningkatan 7,35. Rata-rata hasil tes pada tahap prasiklus hingga siklus II meningkat 16,54. Jumlah siswa yang mememenuhi KKM pada kemampuan awal 2 siswa dan siklus I ada 8 siswa atau meningkat 6 siswa. Siklus II ada 26 siswa atau meningakat 18 siswa. Hasil akhir siswa menunjukkan 24 siswa telah memenuhi KKM.
Kata kunci: menulis persuasi, model SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy)
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.