PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nur Adiningsih

Abstract


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) bagaimana pengaruh penggunaan metode field trip terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran menulis puisi; (3) bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013, setelah memperoleh pembelajaran menggunakan metode field trip. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian hasil analisis, penulis menggunakan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis puisi pada siklus I dan siklus II, dengan proses pembelajaran meliputi, (a) melakukan proses pembelajaran di luar kelas, (b) siswa diajak mengamati objek, (c) mengidentifikasi objek yang akan diamati berdasarkan tema, majas, rima, dan diksi, (d) penulis memberikan penilaian pada objek yang diidentifikasi siswa, (2) pengaruh penggunaan metode field trip dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa. Hasil penilaian yang diperoleh dari lembar observasi diketahui bahwa aktivitas, keaktifan, dan fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus cukup, sedangkan pada siklus I menjadi baik, dan siklus II menjadi baik sekali, (3) pembelajaran menulis puisi menggunakan metode field trip dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dapat dilihat dari hasil rerata tes prasiklus sebesar 54,79 (kurang), pada siklus I sebesar 70,47 (cukup), dan pada siklus II sebesar 78,96 (baik). Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 15,68 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,49.

Kata Kunci : Menulis Puisi, Metode Field Trip


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.