UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI PADA SISWA KELAS X SEMESTER II SMA N 9 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) pembelajaran menulis cerita pendek melalui metode kolaborasi pada siswa kelas X Semester II SMA N 9 Purworejo Tahun Ajaran 2013; (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis cerita pendek setelah menggunakan metode kolaborasi pada siswa kelas X Semester II SMA N 9 Purworejo Tahun Ajaran 2013. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes. Tahap analisis data digunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data disajikan secara informal, yaitu dengan kata-kata biasa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran menulis cerita pendek dengan menggunakan metode kolaborasi dilakukan dalam tiga tahap yaitu, proses pembelajaran menulis cerpen pada kegiatan awal tanpa menggunakan metode kolaborasi, pelaksanaan siklus I menggunakan metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis cerpen siswa dengan memperhatikan contoh cerpen Jendela Rara, dan pelaksanaan siklus II menggunakan metode kolaborasi dengan memperbaiki cerpen yang telah ditulis pada siklus I dengan memperhatikan hasil koreksi teman; 2) pembelajaran dengan menggunakan metode kolaborasi dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Skor rata-rata keterampilan menulis cerpen yang diperoleh pada tes awal ialah 66,18 mengalami peningkatan menjadi 74,80 pada siklus I. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 79,38. Nilai tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), yakni 75.
Kata kunci: pembelajaran menulis cerpen, metode kolaborasi
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.