NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BAK RAMBUT DIBELAH TUJUH KARYA MUHAMMAD MAKHDLORI DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Bak Rambut Dibelah Tujuh karya Muhammad Makhdlori, (2) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Bak Rambut Dibelah Tujuh karya Muhammad Makhdlori, dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter dalam novel Bak Rambut Dibelah Tujuh karya Muhammad Makhdlori di kelas XI SMA. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Bak Rambut Dibelah Tujuh, temanya adalah titian kehidupan dunia yang penuh dengan ujian, tokoh utamanya adalah Zarimah, penokohan dilakukan secara analitik dan dramatik, alurnya adalah alur maju, latarnya dihadirkan secara konkret, sudut pandangnya adalah orang ketiga maha-tahu, amanatnya dikemas dalam cerita serta hubungan antarunsur terjalin secara harmonis. (2) Nilai pendidikan karakter dalam novel meliputi (a) religius, (b) jujur, (c) toleransi, (d) disiplin, (e) kerja keras, (f) kreatif, (g) mandiri, (h) demokratis, (i) rasa ingin tahu, (j) semangat kebangsaan, (k) cinta tanah air, (l) menghargai prestasi, (m) bersahabat/ komunikatif, (n) cinta damai, (o) gemar membaca, (p) peduli lingkungan, (q) peduli sosial, dan (r) tanggung jawab. (3) Skenario pembelajaran dilakukan menggunakan model Stratta sebagai berikut, (a) guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membaca novel Bak Rambut Dibelah Tujuh, (b) guru memberi tugas kepada peserta didik untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel, dan (c) guru memberi tugas kepada peserta didik untuk membuat simpulan serta memeragakan satu karakter tokoh novel.
Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, skenario pembelajaran di kelas XI SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.