PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS DENGAN TEKNIK BRAINWRITING PADA SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan teknik brainwriting pada siswa kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pembelajaran 2012/2013, (2) pengaruh teknik brainwriting terhadap minat dan aktivitas belajar siswa dalam menulis narasi ekspositoris pada siswa kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pembelajaran 2012/2013, (3) peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris dengan teknik brainwriting pada siswa kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen Tahun Pembelajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Arikunto (2010:137) yang meliputi tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam teknik pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data penelitian, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif, sedangkan teknik penyajian hasil analisis penelitian, peneliti menggunakan teknik penyajian informal. Dari hasil yang diperoleh simpulan penelitian ini terdiri dari (1) pelaksanaan pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan teknik brainwriting dilakukan dalam empat tahap kegiatan: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, (2) minat dan aktivitas siswa dalam menulis narasi ekspositoris dengan teknik brainwriting meningkat. Dengan meningkatnya minat dan aktivitas yang positif dari prasiklus sampai dengan siklus II, (3) pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan teknik brainwriting mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Pada prasiklus siswa memperoleh rerata skor menulis narasi ekspositoris sebesar 62,1, siklus I sebesar 70,2 sedangkan siklus II sebesar 77,9.
Kata kunci: keterampilan menulis narasi ekspositoris, teknik brainwriting, kelas X SMK Ma’arif 4 Kebumen
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.