ANALISIS NILAI PENDIDIKAN PADA NOVEL ORANG CACAT DILARANG SEKOLAH KARYA WIWID PRASETYO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Orang Cacat Dilarang Sekolah, (2) nilai pendidikan novel Orang Cacat Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo, (3) skenario pembelajaran novel Orang Cacat Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pustaka. Teknik pustaka adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan khususnya nilai pendidikan pada novel Orang Cacat Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik yang terdapat di dalam novel Orang Cacat Dilarang Sekolah meliputi: tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, dan sudut pandang. (2) unsur ektrinsik/nilai pendidikan yang terdapat pada novel Orang Cacat Dilarang Sekolah meliputi: nilai religius/agama, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya. (3) skenario pembelajaran novel Orang Cacat Dilarang Sekolah berdasarkan tinjauan dari isi novel Orang Cacat Dilarang Sekolah dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada novel Orang Cacat Dilarang Sekolah karya Wiwid Prasetyo.
Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.