PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULS TEKS BERITA PADA KELAS XI DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, penulis menemukan permasalahan bahwa pembelajaran menulis teks berita di kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo lebih banyak disajikan dalam bentuk teori-teori dan menggunakan metode ceramah, akibatnya siswa cenderung cepat bosan dengan materi yang diajarkan. Hal itu membuat siswa pasif dan kurang berminat dalam kegiatan menulis teks berita. Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Pratiwi selaku guru bahasa Indonesia kelas XI, ditemukan permasalahan bahwa kemampuan menulis berita siswa yang masih rendah terbukti dengan hasil nilai menulis berita pada siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo masih belum mencapai nilai KKM, yakni 75. Hal itu disebabkan model pembelajaran yang diterapkan terbilang masih monoton sehingga siswa mengalami kesulitan untuk mempresentasikan apa yang mampu siswa lisankan kedalam bentuk tulisan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita di kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo, (2) peningkatan proses pembelajaran teks berita dengan menggunakan model Think Talk Write pada siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo, (3) peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa kelas XI SMK Pembaharuan Purworejo.Pengaruh belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks berita menjadi lebih baik dengan metode Think Talk Write, dilihat dari hasil pengamatan siklus I ke siklus II Pada aspek tanggung jawab siswa sebanyak 12 siswa atau 57,14% menjadi 17 siswa atau 80,95%. Aspek keaktifan siswa sebnayak 12 siswa atau 57,14% menjadi 15 siswa atau 71.42. Aspek perhatian siswa dalam proses pembelajaran sebanyak 11 siswa 52% menjadi 18 siswa atau 85.71. Peningkatan kemampuan menulis teks berita dapat dilihat dari hasil tes siswa pada prasiklus dengan rerata tes mencapai 62,9, siklus I meningkat menjadi 73,1, dan siklus II meningkat menjadi 80,0.
Kata kunci: kemampuan menulis teks berita, dan tink talk write
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djuraid, Husnun. 2009. Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press.
Ganjar, Khabib, dan Bagiya. 2015, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Teknik 3 M (Mengamati, Meniru, dan Mengembangkan) Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pembelajaran 2014/2015”. Jurnal surya bahtera, No 32, Vol 04.
Irvan, Syamsuri, dan Agus. “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seputih Agung “. Skripsi. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Khusna Azizatul, Sulinto Joko, dan Widyaningrum Ari.2017.Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Cd Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipa Terhadap Hasil Belajar Siswa, No 2 Vol 10, 138.
Maiza Suci. 2024. Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Menggunakan Media Gambar Fotografi Siswa Kelas X MIA 2 SMAN3Sungai Penuh. Jurnal Bahtera. No 23, Vol 2, 238.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kuantitaf dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Suyanto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Multi Press.
Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suhandang. 2010. Pengantar Jurnalistik. Bandung: Nuansa.
Sudarman, Paryati. 2008. Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susilowat, Sukirno, dan Setyorini. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Berita Menggunakan Media Tajuk Rencana pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Bagelen Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal surya bahtera, No 50, Vol 60.
Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tridays Repelita. 2019. Efektifitas Model Ttw (Think Talk Write) Dalam Materi Cerpen Di Kelas IX (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Padaherang, Kabupaten Pangandaran), Jurnal Ilmiah, No 2 Vol 3, 105
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.