NILAI MORAL DALAM NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye, (2) wujud nilai moral yang terdapat dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel tidak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong jalin terjalin menyatu dengan nilai moral yang terdapat di dalamnya, (2) nilai moral novel Ayahku (Bukan) Pembohong mencakup empat aspek, yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan, (b) hubungan manusia dengan manusia, (c) hubungan manusia dengan lingkuan alam, (d) hubungan manusia dengan diri sendiri, dan (3) skenario pembelajaran novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran group investigation. Dalam model pembelajaran group investigation langkah-langkahnya, yaitu: (a) guru menyampaikan materi, (b) siswa membentuk kelompok, (c) guru menetapkan materi untuk dibahas masing-masing kelompok, (d) setiap kelompok saling tukar informasi dan ide, (e) pekerjaan setiap kelompok dikumpulkan dalam bentuk laporan, (f) salah satu kelompok menyajikan hasi laporan di depan kelas, kelompok lain mengamati, (g) setelah semua kelompok menyajikan hasil laporan, guru bersama-sama dengan siswa melakukan koreksi dan evaluasi.
Kata Kunci: nilai moral, novel ayahku (bukan) pembohong, skenario pembelajaran sma
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.