ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL PADA TAJUK RENCANA HARIAN KEDAULATAN RAKYAT DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA
Abstract
tujuan skripsi ini mengungkap (1) penggunaan referensi dan substitusi pada tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013; (2) penggunaan elipsis dan konjungtor pada tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas X SMA dengan media tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random yakni dengan memilih secara acak wacana tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kajian isi yakni membaca dan mengkaji seluruh isi wacana tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013 dengan menggunakan teori keutuhan wacana yang mem-fokuskan pada aspek kohesi gramatikalnya. Teknik penyajian hasil menggunakan teknik informal. Dari hasil pembahasan ditemukan 140 kohesi gramatikal pada wacana tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013 berupa ketepatan penggunaan referensi sebanyak 53 (37, 85%) serta ketepatan penggunaan substitusi se-banyak 14 (10%) dan yang salah sebanyak 0%, ditemukan 1 (0, 71%) peng-gunaan elipsis dengan kesalahan 0% dan 72 (51, 42%) penggunaan konjungtor termasuk penggunaan yang tepat 42 dan yang salah 30, Rencana pelaksanaan pembelajaran kohesi gramatikal di kelas X SMA dengan media tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013 dilakukan dua kali pertemuan. Pertemuan pertama (1) memberikan pengertian paragraf argumentasi, kohesi gramatikal dan macam-macam kohesi gramatikal, (2) menugasi siswa untuk mengidentifikasi paragraf argumentasi dan mendata sarana kohesi gramatikal yang digunakan dalam wacana harian KR edisi Mei 2013, (3) membagi siswa dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok saling bertukar hasil identifikasinya untuk di-koreksi. Pertemuan kedua (1) siswa menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan sarana kohesi gramatikal, (2) setelah seluruh siswa selesai dalam membuat beberapa paragraf argumentasi dengan topik yang berbeda-beda, mereka menukarnya kepada teman kelompoknya untuk dikoreksi dan memperbaiki tulisannya agar menjadi paragraf argumentasi yang baik, (3) mengadakan lomba intrakelompok untuk membaca paragraf argumentasi dan dinilai oleh masing-masing kelmpok.
Kata Kunci: kohesi gramatikal, tajuk rencana,
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.