ANALISIS KOHESI GRAMATIKAL PADA TAJUK RENCANA HARIAN KEDAULATAN RAKYAT DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA

Nindia Wahyuni

Abstract


tujuan skripsi ini mengungkap (1) penggunaan referensi dan substi­tu­­­si pada tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013; (2) penggunaan elipsis dan kon­jung­tor pada tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013; (3) rencana pelak­sa­na­an pembelajaran menulis di kelas X SMA dengan media tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik random yak­ni dengan memilih secara acak wacana tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013. Tek­nik analisis data yang digunakan adalah teknik kajian isi yakni membaca dan me­ngkaji seluruh isi wacana tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013 dengan meng­gunakan teori keutuhan wacana yang mem-fokuskan pada aspek kohesi grama­tikalnya. Teknik penyajian hasil menggunakan teknik informal. Dari hasil pem­­­­­ba­hasan ditemukan 140 kohesi gramatikal pada wacana tajuk rencana ha­rian KR edisi Mei 2013 berupa ketepatan penggunaan referensi sebanyak 53 (37, 85%) serta ketepatan penggunaan substitusi se-banyak 14 (10%) dan yang salah seba­nyak 0%, ditemukan 1 (0, 71%) peng-gunaan elipsis dengan kesalah­an 0% dan 72 (51, 42%) penggunaan konjungtor termasuk penggunaan yang tepat 42 dan yang salah 30, Rencana pelaksanaan pembelajaran kohesi grama­ti­kal di kelas X SMA dengan media tajuk rencana harian KR edisi Mei 2013 dila­kukan dua kali perte­mu­an. Pertemuan pertama (1) memberikan pengertian pa­ra­graf argu­mentasi, kohesi gramatikal dan macam-macam kohesi gramatikal, (2) menugasi siswa un­tuk mengidentifikasi paragraf argumentasi dan mendata sarana kohesi gramati­kal yang digunakan dalam wacana harian KR edisi Mei 2013, (3) membagi siswa dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok saling bertukar hasil iden­tifika­sinya untuk di-koreksi. Pertemuan kedua (1) siswa me­nu­lis paragraf argumentasi dengan menggunakan sarana kohesi gramatikal, (2) setelah seluruh siswa selesai dalam membuat beberapa paragraf argumentasi dengan topik yang berbeda-beda, mereka menukarnya kepada teman kelom­pok­nya untuk dikoreksi dan mem­perbaiki tulisannya agar menjadi paragraf ar­gu­mentasi yang baik, (3) meng­adakan lomba intrakelompok untuk membaca paragraf argumentasi dan dinilai oleh masing-masing kelmpok.

Kata Kunci: kohesi gramatikal, tajuk rencana,


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.