PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mohammad Nasirrudin, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media audio visual merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan sastra yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan diri melalui puisi.Saat ini, pembelajaran puisi di sekolah sering kali menghadapi tantangan dalam mempertahankan minat siswa serta kesulitan dalam memahami dan mengapresiasi keindahan puisi secara mendalam. Terdapat kebutuhan akan metode pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif untuk membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis puisi dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan melibatkan penggunaan teknologi media audio visual seperti video pembelajaran, rekaman suara, dan visualisasi untuk memfasilitasi pembelajaran menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat signifikan meningkatkan kualitas puisi yang dihasilkan oleh siswa serta pemahaman mereka terhadap teknik-teknik menulis puisi. Implementasi media audio visual dalam pembelajaran puisi dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengekspresikan ide dan perasaan mereka melalui puisi, serta memperdalam pemahaman mereka terhadap keindahan dan makna dalam karya sastra.

 

Kata kunci: Menulis Puisi, Media audio visual

 

Abstract: Improving poetry writing skills using audio-visual media is an innovative approach in literary education that aims to improve students' ability to express themselves through poetry. Currently, poetry learning in schools often faces challenges in maintaining students' interest as well as difficulties in understanding and appreciating the beauty of poetry in its entirety. deep. There is a need for more dynamic and interactive learning methods to help students develop poetry writing skills better. This research aims to explore the effectiveness of using audio-visual media in improving students' skills in writing poetry. This research uses an experimental approach involving the use of audio-visual media technology such as learning videos, sound recordings and visualizations to facilitate learning to write poetry. The research results show that the use of audio visual media can significantly improve the quality of poetry produced by students and their understanding of poetry writing techniques. The implementation of audio-visual media in poetry learning can motivate students to be more active in expressing their ideas and feelings through poetry, as well as deepen their understanding of the beauty and meaning in literary works.

 

Keywords: Writing Poetry, Audio visual media 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsimi. dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Khoirrohman, Taufiq. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Metode Pembelajaran di Luar Ruang Kelas (Outdoor Study) pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kristina, Mega. 2014. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Experiential Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rohman, Saifur. 2012. Pengantar Metodologi Pengajaran Sastra. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Romelah. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Teknik Kata Mengalir Berbantuan Media Benda Konkret pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pagentan.” Jurnal Lingua. Vol 13 (1). PP: 59-72.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugianto. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Teknik PS3 pada Siswa Kelas VII D MTsN Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015.”Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol 3 (2). PP: 269-276.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugono, Dendy, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suherdiyanto. 2014. “Penerapan Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) dalam Materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya pada Siswa MTS AL-Ikhlas Kuala Mandor B.” JurnalPendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak. Vol 1 (1). PP: 95-108.

Sukirno. 2010. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryadi, Edi, dkk. 2014. “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMPN Air Kumbang Banyuasin Melalui Metode Outdoor Study.”Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 3 (1). PP: 24-35.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Jogjakarta: Diva Press

Waluyo, J. Herman. 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.