ANALISIS DEIKSIS DALAM TAJUK RENCANA HARIAN KOMPAS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk deiksis dalam tajuk rencana harian Kompas tahun 2012; (2) distribusi deiksis dalam tajuk rencana harian Kompas tahun 2012; dan (3) relevansi penggunaan deiksis dalam tajuk rencana harian Kompas dengan Pembelajaran Menulis di SMA kelas X. Sampel dalam penelitian ini adalah dua ratus sembilan kalimat yang mengandung deiksis dalam 33 tajuk rencana harian Kompas edisi Oktober-Desember tahun 2012. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik ganti. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) bentuk-bentuk deiksis dalam tajuk rencana harian Kompas tahun 2012 edisi Oktober-Desember dibagi menjadi dua, yaitu deiksis eksofora yang terdiri dari deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu, serta deiksis endofora yang terdiri dari deiksis anafora dan katafora, (2) distribusi deiksis pada bagian awal kalimat memiliki presentase sebesar 20,9%, deiksis yang berada di tengah kalimat memiliki presentase sebesar 64,1%, sedangkan presentase untuk deiksis pada akhir kalimat sebesar 14,0 %, (3) relevansi pembelajaran deiksis dengan materi menulis paragraf di kelas X SMA mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, sumber belajar, waktu pembelajaran dan penilaian dalam penggunaan deiksis pada kompetensi dasar menulis paragraf argumentatif.
Kata Kunci: deiksis, tajuk rencana harian kompas, pembelajaran menulis
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.