Kesalahan Ejaan pada Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X TPTAV SMK PN 2 Purworejo 2023/2024 dan Pembelajarannya di SMK

Maulana Galih Nirmala, Umi Faizah, Khabib Sholeh

Abstract


Abstrak : Tulisan siswa dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, faktanya masih banyak siswa SMK yang belum bisa menerapkan EYD edisi V dalam menulis sebuah teks. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesalahan ejaan pada teks laporan hasil observasi siswa kelas X TPTAV SMK PN 2 Purworejo 2023/2024 dan (2) pembelajaran teks laporan hasil observasi di SMK. Fokus penelitian ini adalah kesalahan ejaan pada teks laporan hasil observasi siswa kelas X TPTAV SMK PN 2 Purworejo yang meliputi (a) kesalahan penggunaan huruf kapital, (b) kesalahan penuisan kata, (c) kesalahan penulisan angka atau lambang bilangan, dan (d) kesalahan penggunaan tanda baca. Dalam pengumpulan data, digunakan teknik baca dan simak. Analisis data yang digunakan adalah metode agih. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) kesalahan ejaan pada teks laporan hasil observasi siswa terdiri atas: (a) kesalahan penggunaan huruf kapital pada awal, tengah, dan nama geografi, (b) kesalahan penulisan kata depan ditulis serangkai, kata ulang disingkat dengan 2, dan berimbuhan ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya, (c) kesalahan penulisan angka atau bilangan pada tahun yang ditulis tidak menggunakan tanda hubung(-), serta ukuran panjang yang ditulis menggunakan huruf, dan (d) kesalahan penggunaan tanda baca titik pada akhir kalimat, tanda koma pada konjungsi, serta tanda hubung pada kata ulang, dan (2) pembelajaran teks laporan hasil observasi, peserta didik harus dapat menganalisis kebahasaan. Untuk menganalisis kaidah kebahasaan, peserta didik perlu mendalami materi dasar bahasa Indonesia, seperti ejaan.
Kata Kunci : kesalahan ejaan, LHO, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasa, 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Arifah, R., A.R., Tashadini, A.P., Nuryanti, M.P., & Ulya, C. 2021. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Buku Biologi : untuk Kelas X SMA dan MA (Kajian Sintaksis)”. Jurnal Genre, 3, 32-36

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Bahasa. 2022. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi Kelima. Kemendikbudristek, Jakarta. https://ejaan.kemdikbud.go.id/. (Diakses pada 10 Oktober 2022).

Fakhrudin, M., Sholeh, K., & Faizah, U. 2019. “Kata Baku pada Karya Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa da Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo”. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya, 11, 498-518.

Fitriani, A., Mahardika, E.F., Maulana, M.Y., & Ulya, C. 2021. “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Ejaan pada Majalah Mulia Edisi April 2020”. Jurnal Genre, 3, 1-9

Gumellar, N.A., Putri, R.K., Aryanti, S.N.T., & Ulya, C. 2021. “ Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Artikel Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Proses”. Jurnal Genre, 3, 54-59

Hosnan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Neferi 13 Palembang. Jurnal Profil, 2-3.

Imamushalihin, I.A., Anggun, M., Pratiwi, V., & Ulya, C. 2021. “Analisis Kesalahan Berbahasa Berita Ekonomi Bisnis pada Laman Detik.com Edisi Desember 2020”. Jurnal Genre, 3, 37-42

Janet, Bagiyo, dan Suryo. 2015. ”Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015 dan Pembelajarannya di SMA” . Jurnal Surya Bahtera. 3. No 29.

Maulida, U. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA Utami Maulidia. 5(2), 130-138.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasucha, Y., Rohmadi, M., dan Wahyudi, A.B. (2009). Bahasa Indonesia untuk penulisan karya tulis ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa.

Nurhanifah, L.(2013). “Teks Laporan Hasil Observasi”. Artikel. Tersedia pada 10 Oktober 2013. http://luthf14.blogspot.com/2013/10/teks-laporan-hasil-observasi.html. Di akses pada 6 Maret 2024.

Setiyaningsih, Ika. (2019). Laporan Hasil Observasi dan Laporan Percobaan. Surakarta: PT Aksara Sinergi Media.

Sudaryanto. 2001. Metodologi dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sukman. 2005. Menumbuhkan Budaya Menulis di Kalangan Siswa. Buletin dan Pusat Pembukuan, Volume 11, Januari-Juni 2005. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Supriyati. (2015). Metodologi Penelitian. Bandung: Lakbat Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.