PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PENGAMATAN OBJEK LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode pengamatan objek lingkungan sekolah dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa; (2) pengaruh metode pengamatan objek lingkungan sekolah terhadap perubahan sikap dan perilaku siswa dalam pembelajaran puisi; (3) peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pengamatan objek lingkungan sekolah dalam pembelajaran menulis puisi. Setelah dilaksanakan penelitian dengan metode pengamatan objek lingkungan sekolah dalam pembelajaran menulis puisi, dapat disimpulkan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, tahap siklus satu, dan tahap siklus dua, (2) pengaruh metode pengamatan objek lingkungan sekolah terhadap perilaku, minat, dan sikap siswa pada kegiatan prasiklus dapat diketahui melalui hasil observasi, (3) peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan metode pengamatan objek lingkungan sekolah dapat dilihat dari tahap prasiklus dengan nilai rata-rata 74,55 meningkat pada siklus satu dengan nilai rata-rata 77,96 dan meningkat pada siklus dua dengan nilai rata-rata 83,20.
Kata kunci: pengamatan objek lingkungan sekolah
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.