PENGGUNAAN TEKNIK PANGGIL PENGALAMAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA N 5 PURWOREJO

Farida Tuzzaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik panggil pengalaman, (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik panggil pengalaman terhadap sikap atau motivasi siswa, (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan me­nulis puisi dengan menggunakan teknik panggil pengalaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, ob­servasi dan refleksi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Penerapan teknik panggil pengalaman dalam keterampilan menulis puisi antara lain (1) guru mem­berikan kesempatan kepada siswa beberapa menit untuk mengingat pengalaman siswa yang mengesankan, (2) guru memberikan arahan agar siswa menuliskan pengalamannya kedalam bentuk paragraf, (3) setelah paragraf selesai siswa melanjutkan menulis puisi sesuai dengan isi paragraf yang dibuat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa menulis puisi dengan teknik panggil pengalaman mampu meningkatkan proses pembelajaran. Hasil observasi pada siklus I sebesar 65,62% mempunyai perhatian yang baik, sikap siswa saat pembelajaran berlangsung sebanyak 81,25% dikategorikan baik. Pada siklus II seba­nyak 71,87% mempunyai perhatian baik, dilihat siswa pada saat pembelajaran menulis puisi sebesar 84,37% dikategorikan baik. Hasil Peningkatan keterampilan menulis puisi meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 6, 03%.

Kata kunci : menulis puisi, teknik panggil pengalaman


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.