Pesan Dakwah Novel Janji karya Tere Liye dan Relevansinya sebagai Modul Ajar Menulis Teks Cerpen Kelas XI SMA

Dwi Ari Nuryanto, Khabib Sholeh, Nurul Setyorini

Abstract


Penelitian ini melatarbelakangi tantangan dakwah di era globalisasi, di mana pesan dakwah yang disampaikan pada media sering kali sulit dipahami atau diabaikan karena bersifat tersembunyi atau tersirat. Oleh karena itu, perlu adanya kajian mendalam untuk mempermudah penyampaian pesan dakwah. Novel Janji dipilih karena mengandung banyak pesan dakwah yang dapat dijadikan teladan dan bahan ajar yang relevan dengan kurikulum pembelajaran. Keunggulan penelitian ini dibanding penelitian terdahulu adalah pada fokus utama pesan dakwah, yaitu akidah, akhlak, dan syari’ah. Selain itu, hasil penelitian ini akan diimplementasikan dalam modul ajar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis isi. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Novel Janji karya Tere Liye mengandung unsur intrinsik yang sangat beragam. Pesan dakwah dalam novel ini mencakup aspek aqidah, akhlak, dan syariah. Novel ini relevan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA, khususnya pembelajaran cerpen, karena tujuan pembelajarannya dapat mencakup pemahaman cerpen dengan nilai dakwah, analisis unsur intrinsik, identifikasi dan aplikasi nilai dakwah dalam teks, serta penulisan cerpen berdasarkan kejadian sehari-hari dengan pesan yang jelas.


Full Text:

PDF

References


Meilya, Bagiya, Faizah. 2019. “Nilai Keislaman Dalam Novel Tkw Mencari Surga Karya Asa Suzhanty & Abd Azis Ana Dan Rencana Pembelajaran Di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Universitas Muhammadiyah Purworejo

Subarkah, Furqan, 2021. “Pesan Dakwah Pada Film Ajari Aku Islam” Journal Anthology of Film and Television Studies. Program Studi Sastra Indonesia

Inayah, Dewi 2021. “Analisis Pesan Dakwah Akidah, Ahlak Dan Syari’a Novel Hati Suhita Karja Khilma Anis”. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam: IAIN Kudus.

Sholeh., Meirani, 2017. “Nilai Pendidikan Akhlak Film Rumah Tanpa Jendela Karya Aditya Gumay dan Penerapannya dalam Pembelajaran Interpretasi Makna Teks Ulasan Drama/Film di Kelas XI SMA/SMK.” Prosiding Seminar Nasional & Internasional. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Izaha, Bagiya, Purwanto, 2021. “Analisis Nilai Moral Novel Lafaz Cinta Karya Sinta Yudisia Dan Rencana Pembelajarannya Di Kelas XII SMA” Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mari’ah, Bagiya, Setyorini, 2017 “Nilai Religius dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajarannya Di Kelas XII SMA” Jurnal Surya Bahtera, Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Marlina, Sholeh, Faizah, 2018. “Nilai Pendidikan Karakter Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy Dalam Pembelajaran Analisis Cerita Fiksi di Kelas XII SMA” Surya Bahtea, Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sujatmiko, Ishaq, 2015. “Pesan Dakwah Dalam Lagu Bilatiba”, Jurnal Komunika

Abdullah, Qadaruddin, Muhammad. 2019. Pengantar Ilmu Dakwah. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media

Arikunto, Suharsini. 2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

Budiantoro. 2017. “Dakwah di Era Digital.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi.

Fahrurrozi, Faizah, Kadri. 2019. Ilmu dakwah. Jakarta: Prenadamedia Groups

Hadiansah, Deni. 2022. Kurikulum merdeka dan paradigma pembelajaran baru. Bandung: Yrama widia

Muchaemin. 2017. "Dakwah Digital Akademisi Dakwah." Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.