ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL 212 CINTA MENGGERAKKAN SEGALA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN BENNY ARNAS DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE QUANTUM LEARNING DI KELAS XII SMA

Nina riswati, Bagiya Bagiya, Suci Rizkiana

Abstract


Pada era modernisasi seperti saat ini diperlukan bacaan yang bertujuan menumbuhkan karakter pribadi yang religius. Novel 212 Cinta Menggerakkan Segala karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas mengandung nilai religius, melalui pembelajaran karya sastra diharapkan siswa dapat menerapkan nilai religius dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai religius novel 212 Cinta Menggerakkan Segala karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Data penelitian ini berupa kutipan-kutipan yang berhubungan dengan objek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah novel 212 Cinta Menggerakkan Segala karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Objek penelitian ini berupa unsur intrinsik, nilai religius, dan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode quantum learning di kelas XII SMA. Fokus penelitian ini adalah nilai religius novel 212 Cinta Menggerakkan Segala karya Helvy Tiana Rosa dan Benny Arnas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartu pencatat data atau alat pencatat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai religius dalam novel ini mencangkup hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan lingkungan hidup.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad Daud. 2018. Pendididikan Agama Islam. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Ginanjar, Nurhayati. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi Teori dan Praktik. Surakarta.

Gunawan, Andry. 2018. Nilai-Nilai Religius dalam Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El-Syirazi dan Rancangan Pembelajaran Sastra I SMA/MA. Skripsi. Universitas Lampung.

Hakim, Zaki Rachman., Sholeh, Khabib., dan Rizkiana, Suci. 2017. Analisis Nilai Religius Novel Sebening Air Mata Kayla Karya Taufiqurrahman Al-Azizi dan Penerapan Pembelajaran Unsur Intrinsik Novel di Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera, 5 (48). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Heru, Bagiya, dan Santoso, S. D. 2017. Nilai Religius dalam Novel Suluk Gunung Jati Karya Rokajat Asura dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera, 5 (9). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mangunwijaya, Y.B. 1988. Sastra dan Religiositas. Yogyakarta: Kanisius.

Mujub, Abdul, dan Mudzakkir. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pebriwanti, N.D., Sukirno, dan Bagiya. 2017. Nilai Religius Tokoh Utama Novel Mencintaimu Seperti Kucintai Qur’an Karya Wahyu Sujani dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera, 5 (45). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Purwanto, Joko. 2017. Pengantar Teori Pengkajian Sastra. Sragen: Joysmart Publishe.

Rizkiana, Suci., dan Fianti, F.A. 2017. Kajian intertekstual dan Nilai Pendidikan Novel Ederson Karya Andrea Hirata dan Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro”. Jurnal Surya Bahtera, 1 (01). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sasmita, K.C., Kadaryati, dan Rizkiana, Suci. 2017. Analisis Nilai Religiositas Novel Khaddam Karya Diyana Millah Islami dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA .Jurnal Surya Bahtera, 5 (49). Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sukirno. 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widayanti, D.T., Bagiya, dan Rizkiana, Suci. 2016. Analisis Nilai Religius Novel AhibbukaFillah Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas X di SMA. Jurnal Surya Bahtera, 4 (38). Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.