PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII MTs HIDAYATUSSIBYAN WADASLINTANG

Umi Habibah

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar; (2 pengaruh pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar terhadap sikap dan minat belajar; (3) peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang tahun pelajaran 2012/2013 setelah memperoleh pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis teks berita melalui media gambar, yaitu (a) siswa mengamati gambar; (b) siswa menuliskan pokok-pokok berita (5W+1H) sesuai dengan data gambar, dan (c) siswa merangkai pokok-pokok berita (5W+1H) menjadi berita yang utuh, (2) minat dan aktifitas siswa dalam pembelajaran menulis teks berita melalui media gambar mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran; (3) pembelajaran menulis teks berita melalui media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII MTs Hidayatussibyan Wadaslintang. Peningkatan ditunjukkan oleh rata-rata skor prasiklus sebesar 49; siklus I sebesar 66,65; siklus II sebesar 74,8.

Kata Kunci: keterampilan menulis, teks berita, dan media gambar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.