NILAI PENDIDIKAN NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XI SMA

Tri Wahyu Ningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur intrinsik, nilai pendidikan, serta kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fuadi sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA. Penelitian deskriptif kualitatif ini difokuskan pada nilai pendidikan agama, moral, adat/budaya, dan sosial dalam novel Ranah 3 Warna, serta kesesuaian pembelajarannya di kelas XI SMA. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sebagai peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulis. Analisis data menggunakan metode analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) tema novel Ranah 3 Warna adalah perjuangan Alif demi meraih impian dan cita-cita dengan segala keterbatasan. Tokoh utamanya Alif dan tokoh tambahannya: Raisa, Randai, Amak, dll. Alurnya adalah alur maju. Latar tempatnya Bandung, Yordania, Kanada, Maninjau. Latar waktunya adalah pagi, sore, dan malam hari. Latar sosial melukiskan status sosial masyarakat menengah. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama. (2) Nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna meliputi nilai pendidikan agama, moral, adat/budaya, dan sosial. (3) Kesesuaian nilai pendidikan novel Ranah 3 Warna sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XI SMA dapat dilihat dari segi bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya.

Kata kunci : unsur intrinsik, nilai pendidikan, bahan pembelajaran sastra


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.