PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU 08 TARBIYATUL MASYITOH BIDANG MORFOLOGI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X

Lina Agustina Rahmayanti, Bagiya Bagiya, Suryo Daru Santoso

Abstract


Pengembangan kemampuan bahasa pada anak usia 3-4 tahun merupakan fase kritis dalam proses pendidikan di TK Muslimat NU 08 Tarbiyatul Masyitoh. Namun, belum ada penelitian yang secara khusus mengidentifikasi perbedaan pemerolehan bahasa anak usia dini di lingkungan pendidikan islam tersebut. Dalam upaya untuk mengisi kekosongan pengetahuan ini, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perkembangan bahasa anak di TK Muslimat NU 08 Tarbiyatul Masyitoh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, teknik rekam, dan teknik catat. Dalam analisis data pada penelitian ini digunakan metode agih. Hasil dari analisis data disajikan menggunakan teknik informal. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di TK Muslimat Nu 08 Tarbiyatul Masyitoh dalam bidang morfologi berperan penting dalam pembelajaran bahasa di SMA kelas X. Kemampuan mereka dalam memperluas kosa kata, pembentuk kata, keterampilan berbicara dan pemahaman frasa dan kalimat membentuk dasar yang kuat untuk mengembangkan kemampuan bahasa yang lebih menjadi di tingkat SMA.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.