Semiotika Roland Barthers pada Film Ku Kira Kau Rumah Sutradara Umay Shahab dalam Pembelajaran Drama Kelas XI SMA

Ani Zubaedah, Khabib Sholeh, Nurul Setyorini

Abstract


Film menjadi wacana sosial dengan karakteristik unik yang menyebar ke berbagai tempat, dan perspektif psikoanalisis film untuk memengaruhi cara berpikir yang terkait dengan persepsi dan kesesuaian nilai dimana informasi tersebut dikomunikasikan. Film pada umumnya juga mengangkat sebuah tema atau fenomena yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Salah satunya adalah film Ku Kira Kau Rumah yang disutradarai oleh Umay Shahab, film ini merupakan adaptasi dari sebuah lagu yang berjudul sama karya Amigdala. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan (1) semiotika Roland Barthers yang terdapat dalam film Ku Kira Kau Rumah Sutradara Umay Shahab (2) pembelajaran drama melalui analisis semiotika Roland Barthres. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Ku Kira Kau Rumah Sutradara Umay Shahab. Pengumpulan data dengan Simak Bebas Libat Cakap. Teknik analisis data dengan content analysis (analisis isi). Teknik penyajian hasil analisis ini adalah teknik penyajiam informal. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthers yang berfokus pada gagasan signifikasi dua tahap (two order of signification) menunjukkan bahwa hasil analisis semiotika Roland Barthers dalam film Ku Kira Kau Rumah Sutradara Umay Shahab telah ditemukan data yang terdiri atas makna denotasi, konotasi, dan mitos. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai modul ajar bahasa Indonesia fase F 3.1 mengenai hakikat tanda sebagai sistem simbol yang dijadikan wahana interaksi sosial manusia.

Full Text:

PDF

References


Aji, Bagiya, setyorini. 2019. “Kajian Semiotika Motif Batik Tulis Adi Puwo Khas Purworejo”. Jurnal Surya Bahtera. Vol.9, No. 2, 240-246.

Barthers, Roland. 1968. Elemen-Elemen Semiologi. (terjemahan M. Ardiansyah). Jogjakarta: IRCiSoD.

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Fahida. 2021. “Analisis Semiotika Roland Barthers pada Film Nanti Kita Cerita Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Cinematology. Vol 1, No. 2, 212-223.

Fatimah. 2020. Semiotika dalam Kajian Iklan Masyarakat (ILM). Gowa: Gunadarma Ilmu.

Munawaroh, Dwijayanto, dan Ansori. 2023. “Pesan moral dalam Film Merindu Cahaya De Amstel: Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure”. Jurnal Of Communication Studies. INSURI Ponorogo. Vol. 3, No. 1, 55-71.

Prasetya, Arif Budi. 2019. Analisis Semiotika Film dan Komunikasi. Malang: Intrans Publishing.

Purwanto, Joko. 2016. Drama Seni Sastra dan Seni Pementasan. Yogyakarta. Magnum Pustaka Utama.

Riwu & Pujianti. 2018. “Analisis Semiotika Roland Barthers dalam Film 3 Dara (Kajian Semiotika)”. Jurnal Dieksis. Vol 10, No. 03, 112-123

Sofiyatun, Bagiya, & Setyorini. 2020. “Analisis Semiotika Buasana Adat Kabupaten kebumen Serta Relevansinya Terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Ssiwa SMP”. Jurnal Pesona. Vol 6, No. 1, 35-43.

Sudaryanto. 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa:Pengantar Penelitian wahana Secara Linguis. Yogyakarta: Duta acana. University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Wibowo, I. 2013. Semiotika Komunikasi-Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.