PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE SAVI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Amel Melia

Abstract


Tujuan yang dikaji dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI, pengaruh penggunaan metode SAVI terhadap aktivitas dan minat siswa, dan peningkatan keterampilan membaca puisi dengan metode SAVI pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes terdiri dari kemampuan siswa dalam membaca puisi dari prasiklus sampai siklus II. Teknik nontes terdiri dari hasil angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam teknik penyajian data digunakan analisis informal. Dari hasil analisis data diketahui bahwa penerapan pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI mampu membuat pembelajaran menjadi lebih baik, karena dengan metode tersebut siswa diarahkan untuk belajar dengan bergerak, berbicara, mendengar, mengamati, dan memecahkan masalah yang ada dalam pembelajaran, pembelajaran membaca puisi dengan metode SAVI mampu meningkatkan aktivitas dan minat siswa dalam pembelajaran. Kemampuan siswa dalam membaca puisi juga mengalami peningkatan dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 69,11, pada siklus I sebesar 75,83, dan pada siklus II sebesar 80,10. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 6,72 poin dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,27 poin.

Kata kunci: membaca puisi, metode SAVI


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.