NILAI PENDIDIKAN NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA PANCASILA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Nur Halimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi; (2) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi; dan (3) mendeskripsikan pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan sastra pada novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi di kelas XI SMA Pancasila. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Negeri 5 Menara, yaitu (a) temanya adalah pendidikan untuk meraih impian dengan cita-cita yang tinggi; (b) Watak tokoh berupa watak bulat atau kompleks; (c) latar tempat dalam novel disajikan secara konkret sehingga dapat menimbulkan imajinasi pembaca mengenai latar tersebut. Latar waktu yang disajikan pengarang menimbulkan imajinasi pembaca mengenai latar waktu yang terjadi setiap peristiwa. Latar sosial melukiskan status sosial dari keluarga sederhana; (d) alur yang digunakan alur campuran; (e) sudut pandang yang digunakan sudut persona pertama. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik pustaka, simak catat, dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. (2) Nilai pendidikan, yaitu (a) nilai religius terdiri atas cinta kepada Allah, ikhlas, belajar, mengajar, salat, hafalan Alquran, beribadah, bersyukur, mohon ampun, dan berdoa; (b) nilai moral terdiri atas belajar bersama, disiplin, tertib, patuh, kerja keras, bersungguh-sungguh, jujur, patang menyerah, tanggung jawab, dan mandiri; (c) nilai sosial terdiri atas peduli, persaudaraan, kebersamaan, saling membantu, kerjasama, dan persahabatan; dan (d) nilai budaya terdiri atas adat jual beli, nama adat, dan garis keturunan. (3) Pembelajaran di SMA Pancasila terdiri atas (a) kegiatan awal yang dilakukan satu minggu siswa disuruh membaca novel; (b) kegiatan inti yang dilakukan siswa diberi tugas mengidentifikasi dan menganalisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan; dan (c) kegiatan akhir yang dilakukan guru merefleksikan hasil pembelajaran.

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan, pembelajaran di SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.