PROBLEMATIKA MASYARAKAT MODERN DALAM ANTOLOGI CERPEN BERAPA HARGA NYAWA HARI INI? KARYA EKO TRIYONO DAN MODUL PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA

Atika Rihandini, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


Problematika yang terjadi di masyarakat modern saat ini sudah sampai tahap memperihatinkan, bahkan seolah masyarakat sudah memandang apa yang menjadi masalah sosial adalah hal yang biasa terjadi atau bahkan mungkin tidak mengetahui apa yang mereka lihat dan rasakan merupakan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk problematika masyarakat modern dan (2) relevansi problematika masyarakat modern dalam antologi cerpen Berapa Harga Nyawa Hari Ini? karya Eko Triono terhadap modul pembelajarannya di kelas X SMA. Sumber data pada penelitian ini adalah antologi cerpen Berapa Harga Nyawa Hari Ini? karya Eko Triono. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka dengan menggunakan sumber tertulis. Teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik formal dan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk problematika masyarakat modern meliputi: (1) pengaruh kemajuan IPTEK, (2) pengangguran, (3) perhitungan ekonomi, (4) pengaruh pola pikir masalalu, (5) kriminalitas. Selanjutnya, penelitian ini sangat relevan dengan modul pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA yang sesuai dengan kurikulum Merdeka kelas X yaitu dengan materi sastra, tepatnya KD 10.8. Mengidentifikasi problematika masyarakat modern yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Manfaat mempelajari problematika masyarakat modern sebagai bahan ajar untuk peserta didik tingkat SMA yaitu dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai permasalahan yang terjadi dalam masyarakat. Sehingga peserta didik dapat memberikan kritikan atau tanggapan serta solusi mengenai permasalahan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Ahyar, J. (2019). Apa Itu Sastra Jenis-jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Lhokseumawe: CV BUDI UTAMA.

Ratna, Nyoman Kuntha. 2015. Teori metode dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koentjaraningrat. 2012. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Djambatan.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya.

Burlian, Paisol. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2016.

Soekanto, Soejono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sarah, Siti. (2022). Konflik Pemikiran Modern Tokoh Cellie di Era 1815 dalam Novel Prada and Prejudice Karya Mandy Hubbart. PENAOQ (Jurnal Sastra, Budaya, dan Pariwisata), Vol. 3 (1), 3-9.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulton, Achmad. (2021). Problematika Masyarakat Modern dalam Kumpulan Cerpen Tawa Gadis Padang Sampah Karya Ahmad Tohari. KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), Vol. 4 (2), 4-11.

Triono, Eko. 2022. Berapa Harga Nyawa hari Ini?. Yogyakarta: Shira Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.