NILAI MORAL PADA FILM CATATAN AKHIR KULIAH SUTRADARA JAY SUKMO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Oky Endrayanto, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Pentingnya pembelajaran moral untuk pengembangan kemampuan, pembentukan watak, dan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa. Berdasarkan penelitian penulis, masih banyak terjadi kasus kenakalan ataupun penyimpangan perilaku peserta didik yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo; (2) nilai moral film Catatan Akhir Kuliah sutradara Jay Sukmo; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi nilai moral film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat . Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intriksik dalam film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo meliputi tema percintaan dan persahabatan dalam perkuliahan; tokoh dan penokohan yaitu Sam watak pintar dan pantang menyerah, Sboari watak setia kawan, Kodok watak jujur, Ajep watak setia kawan dan Wibi watak baik hati; alur cerita menggunakan alur maju; latar waktu yaitu pagi, siang dan malam sedangkan latar tempat cerita di kampus, kos, fotocopian, ruang kelas dan studio tv; amanat dari cerita yaitu jangan menyerah jika belum sesuai apa yang diharapkan teruslah berusaha untuk cita-cita karena cinta akan berjalan seiring cita-cita dan sahabat akan selalu bersama; (2) nilai moral dalam film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan, yaitu mengucap salam dan bersyukur; (b) hubungan antara manusia dengan diri sendiri, yaitu sabar dan pantang menyerah; dan (c) hubungan manusia dengan manusia lain, yaitu keakraban dan tolong menolong. (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi nilai moral pada film Catatan Akhir Kuliah di kelas XI SMA terdiri dari menyampaikan materi tentang unsur intrinsik film dan nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra; melakukan pemutaran film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo, mengidentifikasi dan menganalisis unsur intriksik dan nilai moral pada film Catatan Akhir Kuliah Sutradara Jay Sukmo secara berkelompok; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil diskusi setiap kelompok dengan kelompok lain; memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan.

Full Text:

PDF

References


Amalia, Suci, Bagiya, dan Suryo Daru Santoso. 2018. “Nilai Moral Novel Surga Yang Dirindukan 2 Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajaranya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol. 6, No. 52, hlm, 385-309. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih. C. Asri. 2004. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Desi, Bagiya, Nurul Setyorini. 2018. “Nilai Moral Novel Sang Penakluk Kutukan Karya Arul Chandrana Dan Skenario Pembelajarannya Di Kelas XII SMK”. Jurnal Surya Bahtera, Vol 6, No. 52, hlm 312-319. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2018. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Prees.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perpesif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.