PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA BROSUR PARIWISATA PADA SISWA KELAS XI SMK CIPTA KARYA PREMBUN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan media brosur wisata dalam pembelajaran menulis deskripsi pada siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun, Kebumen tahun ajaran 2012/2013, (2) bagaimanakah pengaruhnya terhadap aktifitas belajar siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun, Kebumen tahun ajaran 2012/2013, (3) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun, Kebumen tahun ajaran 2012/2013, setelah memperoleh pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media brosur wisata. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data yang digunakan adalah analisis informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media brosur pariwisata pada siswa kelas XI SMK Cipta Karya Prembun, Kebumen dilaksanakan pada siklus I, dan siklus II; (2) pengaruh media brosur pariwisata terhadap antusias belajar siswa pada tahap siklus I, dan siklus II dapat diketahui di antaranya meliputi hasil observasi, dan kuesioner. Hasil observasi pada siklus I, siswa masih cukup kurang dalam mengikuti pembelajaran, pada siklus II ini sebagian besar sudah mulai mengikuti dan menikmati pembelajaran yang diterapkan guru (peneliti) dengan baik. Hasil kuesioner tanggapan siswa setelah kegiatan pembelajaran menulis deskripsi dengan penerapan media brosur pariwisata, diketahui bahwa jawaban siswa yang paling dominan sangat setuju; (3) peningkatan keterampilan menulis menulis deskripsi siswa dari prasiklus sebesar 63 menjadi 70 pada siklus I. Pada siklus II, siswa mengalami peningkatan dalam menulis deskripsi sebesar 76.
Kata Kunci: media brosur wisata, keterampilan menulis deskripsi
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.