ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL AYAH MENYAYANGI TANPA AKHIR KARYA KIRANA KEJORA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Wiji Utami Utami, Bagiya Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini Setyorini

Abstract


Abstrak: Novel “Ayah Menyayangi Tanpa Akhir” karya Kirana Kejora merupakan karya sastra yang memberikan banyak pelajaran hidup seperti pendidikan, cinta kasih, moral, religius, dan kekerabatan. Novel ini menawarkan pembaca dengan ceritanya yang sangat menarik dan juga menginspirasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel " Ayah Menyayangi Tanpa Akhir karya Kirana Kejora dan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dengan metode analisis isi untuk mengidentifikasi dan menganalisis aspek-aspek sosiologi sastra yang ada dalam novel. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan analisis relevansi dengan kurikulum sastra di kelas XII SMA. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, menggambarkan secara rinci aspek sosiologi sastra yang ada dalam novel dan mempertimbangkan sejauh mana hal tersebut dapat mendukung pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel "Ayah Menyayangi Tanpa Akhir" menghadirkan beragam aspek sosiologi sastra seperti pendidikan, cinta kasih, moral, religius, dan kekerabatan. Elemen-elemen ini dapat memberikan wawasan bagi siswa tentang kehidupan, serta dapat mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai kehidupan.

Kata kunci : aspek sosiologi sastra, rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA

Abstract: The novel "Ayah Menyayangi Tanpa Akhir" by Kirana Kejora is a literary work that provides many life lessons such as education, love, morals, religion, and kinship. This novel offers readers with a story that is very interesting and also inspiring. Therefore, this study aims to analyze aspects of the sociology of literature contained in the novel " Ayah Menyayangi Tanpa Akhir by Kirana Kejora and. Sociology of literature contained in the novel. In addition, this study also involved an analysis of relevance to the literature curriculum in class XII SMA. The data were analyzed using descriptive techniques, describing in detail aspects of the sociology of literature contained in the novel and considering the extent to which it can support learning literature in class XII SMA.The results showed that the novel "Ayah Menyayangi Tanpa Akhir" presents various aspects of sociology of literature such as education, love, morals, religion, and kinship. These elements can provide insights for students about life, and can encourage a deeper understanding of the values of life.

 

Key words: aspects of the sociology of literature, the implementation plan of learning in high school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.