ANALISIS NILAI BUDAYA JAWA DALAM NOVEL WIGATI; LINTANG MANIK WORO KARYA KHILMA ANIS DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XII SMA

Zulfatun Nisa Nisa, Kadaryati Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto Purwanto

Abstract


Abstrak: Novel Wigati; Lintang Manik Woro karya Khilma Anis menggambarkan kekayaan budaya Jawa yang terdapat dalam cerita novel tersebut. Novel tersebut memberikan pengalaman budaya kepada pembaca terkait dengan kehidupan masyarakat Jawa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis budaya Jawa dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi untuk mengidentifikasi nilai budaya Jawa yang ada dalam novel tersebut. Selain itu, penelitian ini juga berkaitan dengan relevansi pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, menggambarkan secara rinci nilai budaya Jawa yang ada dalam novel dan mempertimbangkan sejauh mana hal tersebut dapat mendukung pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel yang dikaji terdapat nilai budaya Jawa yang meliputi: (a) menerima takdir atau nrima,(b) pekerjaan, (c) memanfaatkan waktu yang tersedia, (d) sopan santun, (e) gotong royong, (f) tolong menolong, (g) silaturahmi, (h) peduli terhadap sesama, (i) taat kepada orang tua, (j) saling memaafkan, (k) peduli lingkungan, (l) memanfaatkan alam  dan relevansinya sebagai pembelajaran sastra di kelas XII SMA meliputi: (a) ketercapaian tujuan jangka panjang pembelajaran sastra yaitu siswa mempunyai apresiasi tinggi terhadap karya sastra; (b) ketercapaian Kompetensi Dasar yaitu siswa dapat menganalisis teks novel melalui tulisan; (c) novel sesuai sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di kelas XII SMA.

Kata kunci: nilai budaya Jawa, novel, relevansi pembelajaran

 

Abstract: Abstract: Novel Wigati; Lintang Manik Woro by Khilma Anis describes the richness of Javanese culture contained in the novel's story. The novel provides cultural experiences to readers related to the life of the Javanese people. Therefore, this study aims to analyze Javanese culture and its relevance as material for learning literature in class XII SMA. This study uses a qualitative approach with content analysis method to identify the Javanese cultural values contained in the novel. In addition, this research is also related to the relevance of learning literature in class XII SMA. The data were analyzed using a descriptive technique, describing in detail the Javanese cultural values contained in the novel and considering the extent to which this could support the learning of literature in class XII SMA. The results of this study indicate that in the novel studied there are Javanese cultural values which include: (a) accepting destiny or acceptance, (b) work, (c) making use of available time, (d) courtesy, (e) mutual cooperation, ( f) helping each other, (g) friendship, (h) caring for others, (i) obeying parents, (j) forgiving each other, (k) caring for the environment, (l) utilizing nature and its relevance as learning literature in class XII Senior high school includes: (a) achieving the long-term goal of learning literature, namely that students have a high appreciation of literary works; (b) achievement of Basic Competency, namely students can analyze novel texts through writing; (c) novels are suitable as teaching materials for learning literature in class XII SMA.

Keywords: Javanese cultural values, novels, the relevance of learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.