ANALISIS KETERLAMBATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI WIDORO
Abstract
Abstrak: tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dampak keterlambatan keterampilan membaca pada hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas IV di SD Negeri Widoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat Penelitian SD Negeri Widoro Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu angket, pedoman wawancara serta dokumentasi dengan subyek penelitian peserta didik kelas IV dan informan penelitian sebagai narasumber pendukung yaitu wali kelas IV dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis dan Interprestasi data menggunakan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan yaitu faktor- faktor yang mempengaruhi keterlambatan dalam keterampilan membaca pada peserta didik antara lain bahwa kurangnya motivasi peserta didik, kurangnya minat baca peserta didik pada saat belajar, kematangan emosi peserta didik yang masih seperti kanak–kanak. Penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah sulit. Kesehatan fisik, peran orang tua masih kurang seperti memberikan motivasi kepada anak, memfasilitasi belajar anak, pemberian pujian atau reward kepada anak. Kurangnya bimbingan, tidak adanya jam wajib belajar anak di rumah, serta proses pembelajaran yang membosankan. Sedangkan dampak dari keterlambatan membaca yaitu peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami isi teks bacaan yang sudah ia baca, konsentrasi peserta didk mudah dalam proses kegiatan pembelajaran, peserta didik sulit dalam menentukan ide pokok dalam suatu teks bacaan, sulit dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan materi, dalam proses pembelajaran peserta didik yang belum dapat membaca dengan baik cenderung tidak aktif pada saat proses kegiatan pembelajaran, serta pada saat guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik, mereka cenderung diam atau tidak menjawab.
Kata Kunci : Keterampilan membaca, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Full Text:
PDFReferences
Chandra, Rahman, Vismaia S.D., dan Ernawulan. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID 19. Jurnal Basicedu, 903-910.
Departemen Pendidikan Nasional, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dirjen Dikdasmen Direktorat.
El Fanany Burhan, (2012). Teknik Baca Cepat Trik Efektif Membaca 2 Detik 1 Halaman. Yogyakarta : Araska.
Habsari, Z. (2017). Dongeng Sebagai Pembentuk Karakter Anak. Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Bibliotika, (Nomer 1 tahun 2017) 496–508.
Hidayah Aniatul, (2012). Membaca Super Cepat. Jakarta : Laskar Aksara.
Kurniasih, Imas. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena: Yogyakarta.
Laila, N. A. (2006). Pengaruh Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD. Cakrawala Pendidikan, (Vol. 3 tahun 2006) , 238–248.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, (Vol.1 tahun 2014). 239-245.
Mustikowati, D., & Wijayanti, E. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca Dan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Kata Bersambut. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 39-42.
Pingge, Keronimus Delu. (2020). Mengajar dan Belajar Menjadi Guru Sekolah Dasar.Jakarta: Lakeisha.
Resnani, & Agustina, R. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 69 Kota Bengkulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 7(2), 1689–1699.
Revee, Johnmashall. (2012). "Handbook of Research on Student Engagement." Journal of Educational 8(2), 149-172.
Rosdakarya, Rahman, dkk. (2018). Pop-Up Book in Reading Comprehension Ability Context in Thematic Learning. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Saddhono, K dan Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samino, F. A. (2018). Hubungan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Strada Bhakti Nusa. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 98–108. https://doi.org/10.21009/JPD.091.08. (diakses 17 April 2019)
Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. Prosiding. Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, September, 134–140. http://repository.upy.ac.id/589/1/Dokumen 1_ hlm. Sampul%2C Abstrak%2C Persetujuan.hingga Daftar.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.