PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE PETA ALUR PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Dewi Ekowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Ne­­geri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, (2) perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi de­ngan metode mind mappingdan, (3) peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran me­nulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013 setelah diterapkannya metode mind mapping. Pene­litian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan re­flek­si. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa tes dan teknik nontes. Da­lam analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif. Dalam penyajian hasil ana­lisis digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) me­tode mind mapping diterapkan pada siklus I dan siklus II. Guru (peneliti) menyuruh siswa membuat sebuah gambar dengan spidol warna dan diletakkan ditengah (central) kertas, kemudian menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan cabang-cabang tingkat dua, tiga, dan seterusnya. Siswa menggunakan satu kata kunci tunggal untuk se­tiap garis. Selanjutnya, siswa mengembangkan ide-ide yang tertulis dalam mind mapping menjadi sebuah karangan. Isi dan urutan cerita yang dikembangkan harus sesuai dengan gambar pada mind mapping yang dibuat siswa; (2) perubahan sikap dan tingkah laku po­sitif siswa mengalami peningkatan 33,33% pada prasiklus, siklus I skor rata-rata 86,67%, dan skor rata-rata siklus II sebesar 91,11%; dan (3) kemampuan menulis pengalaman pribadi mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata kelas 63,08, pada siklus I se­besar 73,22 dan pada siklus II sebesar 78,5.

Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, metode mind mapping


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.