PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI DENGAN METODE PETA ALUR PIKIRAN (MIND MAPPING) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode mind mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, (2) perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013, setelah mendapatkan pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan metode mind mappingdan, (3) peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Candimulyo kabupaten Magelang tahun ajaran 2012/2013 setelah diterapkannya metode mind mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa tes dan teknik nontes. Dalam analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualilatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) metode mind mapping diterapkan pada siklus I dan siklus II. Guru (peneliti) menyuruh siswa membuat sebuah gambar dengan spidol warna dan diletakkan ditengah (central) kertas, kemudian menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan cabang-cabang tingkat dua, tiga, dan seterusnya. Siswa menggunakan satu kata kunci tunggal untuk setiap garis. Selanjutnya, siswa mengembangkan ide-ide yang tertulis dalam mind mapping menjadi sebuah karangan. Isi dan urutan cerita yang dikembangkan harus sesuai dengan gambar pada mind mapping yang dibuat siswa; (2) perubahan sikap dan tingkah laku positif siswa mengalami peningkatan 33,33% pada prasiklus, siklus I skor rata-rata 86,67%, dan skor rata-rata siklus II sebesar 91,11%; dan (3) kemampuan menulis pengalaman pribadi mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata kelas 63,08, pada siklus I sebesar 73,22 dan pada siklus II sebesar 78,5.
Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, metode mind mapping
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.