PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SADANG, KEBUMEN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Agustian Priyanata

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, pengaruh dan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Sadang, Kebumen tahun pembelajaran 2011/2012 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD). Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Selanjutnya, dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) penerapan metode STAD dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pra-siklus, siklus II, dan siklus II, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklus. Hal ini terlihat dari hasil wawancara, angket, dan observasi yang dilakukan peneliti, dan (3) peningkatan keterampilan menulis karangan narasi terlihat di setiap siklus. Pada prasiklus siswa memperoleh rata-rata skor menulis karangan narasi 63,6. Pada siklus I siswa memperoleh rata-rata skor menulis narasi sebesar 69,9. Pada siklus II siswa memperoleh rata-rata skor menulis narasi sebesar 69,9.

Kata Kunci: Metode, STAD, Karangan, Narasi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.