Hak Cipta 2024 slot online| All Rights Reserved By Rajalangit88 | 18+
KAJIAN INTERTEKSTUAL FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (2020) DAN FILM KELUARGA CEMARA (2019) | Pratiwi | SURYA BAHTERA

KAJIAN INTERTEKSTUAL FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (2020) DAN FILM KELUARGA CEMARA (2019)

Tri Inten Pratiwi, Salma Hanifah, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk pendeskripsian hubungan intertekstual karakter tokoh, tema, alur, latar, (1) persamaan (2) perbedaan (3) hipogram dan (4) transformasi pada film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan film Keluarga Cemara. Metode penelitian adalah metode deskriptif bentuk kualitatif dengan pendekatan intertekstual. Fokus penelitian ini adalah kajian tentang intertekstual, persamaan, perbedaan, hipogram, dan transformasi yang terdapat pada film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini dan Keluarga Cemara. Teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi yang berupa gambar, yaitu film. Kemudian melakukan simak catat dan kepustakaan untuk mengumpulkan data-data yang relevan dengan penelitian dari buku-buku atau referensi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan antara kedua film tersebut dari mulai tokoh dan penokohan, latar, ide cerita, amanat serta terdapat hipogram yang terdiri dari ekspansi, konversi, modifikasi, ekserp dan transormasi ide cerita.

Kata kunci : intertekstual, film

 


Full Text:

PDF

References


Ernest, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Jakarta:Nusa Indah.

Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sani, Asrul. 1992. Cara Menilai Sebuah Film. Jakarta: Yayasan Citra.

Rahmawati, Ima Siti dan Melania Lestari. Kajian Intertekstual Film 5 cm dan Film Negeri Van Oranje dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Jurnal education FKIP UNMA. Volume 6, No.2, Desember 2020, pp. 269-277. P-ISSN 2459-9522. E-ISSN 2548-6756. ejournal.unma.ac.id.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. Jakarta: Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Arianti, Ganik. 2011. Hubungan Intertekstual Antara Novel Negeri Lima Karya A. Fuadi dan Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aminuddin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.





Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.