PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA DENGAN MEDIA AUDIO DAN MODEL PEMBELAJARAN STRATTA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 13 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Suhar Haryadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) peningkatan keterampilan menyimak berita dan (2) perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dengan media audio dan model pembelajaran stratta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Purworejo tahun pembelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, jurnal siswa, dan wawancara. Analisis data menggu-nakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 dalam menyimak berita meningkat setelah dilakukan pembelajaran dengan media audio dan model stratta. Pada siklus I, nilai rerata siswa sebesar 66,52 yang meningkat sebesar 35,45% dari prasiklus. Pada siklus II, kemampuan siswa meningkat lagi sebesar 13,42% menjadi 79,94 dengan kategori baik; (2) perilaku belajar siswa kelas VIII SMP N 13 Purworejo tahun ajaran 2012/2013 mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil nontes yang meliputi hasil observasi, jurnal siswa, dan wawancara. Perubahan yang terjadi yaitu siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio dan model stratta. Selain itu, siswa terlihat lebih antusias dan lebih aktif bertanya jika mengalami kesulitan. Kondisi kelas pada siklus I yang terlihat pasif, pada siklus II terlihat lebih aktif dan tugas-tugas yang diberikan peneliti dapat dikerjakan dan dilaksanakan dengan baik.

Kata kunci: media audio, model stratta, menyimak berita


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.