NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM TANAH SURGA KATANYA SUTRADARA HERWIN NOVIANTO DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS XI SMA

Maulana Ardiansyah Putra, Umi Faizah, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) unsur intrinsik film; (2) aspek kebahasaan film; (3) nilai-nilai pendidikan karakter film; (4) relevansi pembelajaran film Tanah Surga Katanya sutradara Herwin Novianto dengan keterampilan berbicara di kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah film Tanah Surga Katanya sutradara Herwin Novianto. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka dan teknik catat. Penyajian data hasil analisis penelitian ini adalah teknik informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam film ini meliputi: (a) tema: sikap nasionalisme untuk tetap mencintai tanah air dan melindungi harkat martabat bangsa; (b) tokoh utama: Kakek Hasyim (penyayang, tegas, tidak pamrih, bersedih hati, berjiwa nasionalis) Salman (jujur, kerja keras, mandiri, tanggung jawab) dan tokoh tambahan: Dokter Anwar, Ibu Guru Astuti, Pak Gani, Lized, Pejabat, Pedagang Dayak; (c) alur: maju; (d) latar tempat: Perbatasan Negara, Hutan Kalimantan, Sungai Kalimantan dan Pasar Serawak; latar waktu: pagi, siang, sore, malam dan tahun; latar sosial: pejuang, dokter, guru, kepala dusun, pedagang dan pejabat; (e) sudut pandang: orang pertama serba tahu; (f) amanat: sikap nasionalisme untuk tetap mencintai tanah air dan melindungi harkat dan martabat bangsa; (2) aspek kebahasaan meliputi: majas, ungkapan dan peribahasa; (3) nilai-nilai pendidikan karakter film ini meliputi: religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, peduli sosial, rasa ingin tahu, cinta tanah air, komunikatif / bersahabat dan bertanggung jawab; (4) relevansi pembelajaran dengan keterampilan berbicara disesuaikan kurikulum 2013 dengan kompetensi dasar 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk bahan pembelajaran berbicara kelas XI SMA.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, film, relevansi pembelajaran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suara Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Faizah, Umi. 2019. Pengantar Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: Media Perkasa.

Faizah, Umi. 2014. “Retorika sebagai Ilmu Komunikasi dalam Pendidikan” Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol 1, No. 02. www.ejurnal.umpwr.ac.id.

Fatonah, Umi, Bagiya, Umi Faizah. 2015. “Nilai Pendidikan Karakter Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol 3. No 28, Hal 1-6. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Ismawati, Esti. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Kesuma, Dharma dkk. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurkholis. Bagiya, Nurul Setyorini 2016. “Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurhayati. Khabib, Nurul Setyorini 2018. “Nilai Pendidikan Karakter Novel Surga Kecil Di Atas Awan Karya Kirana Kejora dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di Kelas XII SMA “ Jurnal Surya Bahtera 6 (54)” Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Prees.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.