ANALISIS NILAI RELIGIUS NOVEL KARENA AKU MEMILIH-MU KARYA HAMAS SYAHID DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMK

FEBRINA DWI SEKARINI, BAGIYA BAGIYA, SUCI RIZKIANA

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) nilai religius novel, (3) rencana pembelajaraan di kelas XII SMK. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, yaitu dengan mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra, unsur intrinsik, nilai religius, dan pendeskripsian hasil analisis nilai religius serta pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMK. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis dilakukan dengan menggunakan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid ada enam unsur meliputi: (a) tema mayor: lika-liku perjalanan hidup Haikal, tema minor meliputi: cinta kasih, takdir, dan penyesalan, (b) tokoh utama Haikal (jujur, saleh, mudah penasaran atau rasa ingin tahunya tinggi, aktif dalam berorganisasi, dan peduli dengan sesama), tokoh tambahan meliputi: Ryan, Kenisha, Papa Haikal, Mama Haikal, Ustaz Abu, (c) alur: alur campuran, (d) latar tempat meliputi: masjid, Pesantren Husnataqqiyah, sekolah, rumah Haikal, dan Perkemahan Taman Nasional Gunung Leuser, latar waktu meliputi: pagi hari, siang hari, malam hari, dan dini hari, latar sosial dalam novel ini adalah dari keluarga berada dan terpandang, (e) sudut pandang: sudut pandang orang pertama serba tahu, (f) amanat dalam novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid, yaitu bersungguh-sungguh dalam beribadah dan menerima takdir yang sudah digariskan Allah swt. dengan lapang dada; (2) nilai religius novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid meliputi: (a) hubungan manusia dengan Allah meliputi: melaksanakan salat, wudu, berdoa, membaca Al-Qur’an, istigfar, bersyukur, dan saleh, (b) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi: penyabar dan intropeksi diri, (c) hubungan manusia dengan sesama manusia meliputi: belajar bersama dan pemaaf, (d) hubungan manusia dengan lingkungan meliputi: giat dalam menyebarkan ajaran agama Islam di lingkungan sekolah dan aktif mengikuti kegiatan pecinta alam; (3) rencana pembelajaran novel di kelas XII SMK dengan materi nilai religius novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid berdasarkan kurikulum 2013 dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel, siswa melakukan kegiatan sebagai berikut; kegiatan awal; kegiatan inti;yang meliputi mengamati, mempertanyakan, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan; penutup. Model pembelajaran yang digunakan adalah kooperatif diskusi (Jigsaw) dengan metode ceramah, diskusi, dan pemberian tugas.

 

Kata kunci: nilai religius, novel, rpp, SMK.

 

 

 

Abstract: This study aims to describe: (1) the intrinsic element of the novel, (2) the religious value of the novel, (3) lesson plans in class XII of SMK. The source of the data in this research is the novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid. Data collection techniques were carried out using observation techniques, namely by identifying the building blocks of literary works, intrinsic elements, religious values, and a description of the results of the analysis of religious values and the implementation of learning in class XII of SMK. Data analysis was carried out using content analysis techniques. In presenting the results, it is done using informal presentation techniques. Based on the results of the study, it can be concluded that (1) there are six intrinsic elements in the novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid including: (a) major themes: the twists and turns of Haikal's life journey, minor themes include: love, destiny, and regret, (b) main character Haikal (honest, pious, easily curious or high curiosity, active in organizations, and cares about others), additional characters include: Ryan, Kenisha, Papa Haikal, Mama Haikal, Ustaz Abu, (c) plot: mixed plot, (d) setting includes: a mosque, Husnataqqiyah boarding school, school, Haikal's house, and the Gunung Leuser National Park campsite, the time setting includes: morning, afternoon, evening, and early morning, the social setting in this novel is from a wealthy and respected family, (e ) point of view: first-person omniscient point of view, (f) mandate in the novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid, which is to be serious in worship and accept the destiny that has been outlined by Allah swt. gracefully; (2) the religious value of the novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid includes: (a) human relationships with God includes: performing prayers, ablution, praying, reading the Al-Qur’an, istigfar, grateful,  and pious, (b) human relationships with oneself include:  being patience and self-introspection, (c) human relations with fellow humans include: learning together and forgiving, (d) human relations with the environment include: being active in spreading the teachings of Islam in the school environment and actively participating in nature lover activities; (3) a novel lesson plan in class  XII of SMK with material on the religious value of the novel Karena Aku Memilih-Mu karya Hamas Syahid based on the 2013 curriculum with KD 3.9 Analyzing the content and language of the novel, students carry out the following activities: initial activities; core activities; which includes observing, questioning, associating, communicating; and Closing. The learning model used is cooperative discussion (Jigsaw) with lecture, discussion, and assignment.

 

 

 

Keywords: religious values, novel, rpp, SMK.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohammad Daud. 2018. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Astuti, Noviana Tri, Sukirno, Bagiya. 2017. “Nilai Religi Novel Sebening Syahadat karya Diva Sinar Rembulan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Purworejo: Jurnal Surya Bahtera – Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 5, No 49, Hal. 801-807. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Atmosuwito, Subiyantoro. 2010. Perihal Sastra dan Religiositas dalam Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Lestari, Octaviana Puji, Sukirno, Suci Rizkiana. 2016. “Analisis Nilai Religius Novel Bercinta Dalam Tahajjudku Karya Anshela dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Pada Siswa Kelas XI SMA”. Purworejo: Jurnal Surya Bahtera – Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4, No. 39. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mangun, Wijaya. Y. B. 1998. Sastra dan Religiusitas. Yogyakarta: Kanisius.

Nurhayati. 2012. Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rizkiana, Suci. dan Fianti, Famelia Arlin. 2017. “Kajian Intertekstual dan Nilai Pendidikan Novel Endesor Karya Andrea Hirata dan Novel 5 CM Karya Donny Dhirgantoro”. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Semi, Atar. 1998. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. (Terjemahan Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irsyad). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Ofiset. (Buku asli diterbitkan tahun 1965).

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Wacna Univesity Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, Herman J. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.

Widayanti, Dwi Titik., Bagiya, Suci Rizkiana. 2016. “Analisis Nilai Religius Novel Uhibbuka Fillah karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Kelas XI di SMA”. Purworejo: Jurnal Surya Bahtera – Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4. No. 38. Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.