ANALISIS NILAI RELIGIUS FILM 99 NAMA CINTA SUTRADARA DANIAL RIFKI DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE QUANTUM LEARNING DI SMA
Abstract
Nama Cinta Sutradara Danial Rifki; (2) nilai religius film 99 Nama Cinta Sutradara Danial Rifki; (3) rencana pembelajaran film 99 Nama Cinta Sutradara Danial Rifki dengan metode Quantum Learning di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu nilai religius film 99 Nama Cinta sutradara Danial Rifki dan rencana pembelajarannya dengan metode Quantum Learning di SMA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik catat. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis data model alir. Teknik penyajian informal sebagai teknik penyajian hasil analisis data. Dari hasil penelitian ini disimpulkan: (1) unsur intrinsik film 99 Nama Cinta sutradara Danial Rifki mencakup 6 aspek yaitu: (a) tema: kebaktian seorang anak kepada ayahnya; (b) alur: maju; (c) tokoh meliputi: Talia, Kiblat, Ibu Talia, Ayah Talia, Kyai Umar, Mlenuk, Candra, Tedy, Ustaz Bambu; (d) latar meliputi: (i) latar tempat: Studio 5, Rumah Talia, Pondok Pesantren, Jakarta, Kediri, (ii) latar waktu: pagi, siang, malam, (iii) latar sosial: kehidupan pesantren dan kehidupan pertelevisian; (e) dialog: terdapat dialeg jawa timuran; (f) amanat: perintah untuk selalu percaya dan yakin akan takdir yang Allah berikan kepada kita, dan perintah untuk menghindari gosip atau ghibah. (2) nilai religius film 99 Nama Cinta sutradara Danial Rifki mencakup 3 aspek yaitu: (a) akidah; (b) ibadah/syariat; (c) akhlak. (3) rencana pembelajaran film 99 Nama Cinta sutradara Danial Rifki dalam pembelajaran drama/film dengan metode Quantum Learning di kelas XI SMA yang disesuaikan dengan kurikulum 2013 berdasarkan kompetensi dasar 3.18 Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton.
Kata Kunci: unsur intrinsik, nilai religius, rencana pembelajaran
Abstract: This study aims to describe: (1) the intrinsic elements of the film 99 Nama Cinta, directed by Danial Rifki; (2) the religious value of the film 99 Names of Love, directed by Danial Rifki; (3) lesson plan for the film 99 Names of Love, directed by Danial Rifki, using the Quantum Learning method in high school. This research is a qualitative descriptive study. The focus of this research is the religious value of the film 99 Nama Cinta directed by Danial Rifki and its lesson plan using the Quantum Learning method in high school. Data collection techniques were carried out by observation and note-taking techniques. The data collected were analyzed using flow model data analysis techniques. Informal presentation technique as a technique for presenting the results of data analysis. From the results of this study, it can be concluded: (1) the intrinsic elements of film 99 Nama Cinta directed by Danial Rifki include 6 aspects, namely: (a) theme: devotion of a child to his father; (b) flow: forward; (c) the figures include: Talia, Qibla, Talia's mother, Talia's father, Kyai Umar, Mlenuk, Candra, Tedy, Ustaz Bambu; (d) the setting includes: (i) the setting of the place: Studio 5, Talia's House, Pondok Pesantren, Jakarta, Kediri, (ii) the setting of the time: morning, afternoon, evening, (iii) the social setting: pesantren life and television life; (e) dialogue: there is an East Java dialect; (f) mandate: the command to always believe and believe in the destiny that Allah has given us, and the command to avoid gossip or backbiting. (2) the religious value of the film 99 Nama Cinta by director Danial Rifki includes 3 aspects, namely: (a) creed; (b) worship/shari'a; (c) morality. (3) learning plan for the film 99 Nama Cinta directed by Danial Rifki in learning drama/film using the Quantum Learning method in class XI SMA which is adapted to the 2013 curriculum based on basic competencies 3.18 Identifying storylines, chapter by act, and conflicts in dramas that are read or watched.Keywords: intrinsic elements, religious values, lesson plans
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Daud Ali, Mohammad. 2015. Hukum Islam Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rifki, Danial. 2019. 99 Nama Cinta. Jakarta: MNC Pictures.
Jauhari, Heri. 2010. Cara Memahami Nilai Religius Dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Response. Bndung: Afino Raya.
Mudrikah, Yanwi. 2015. “Nilai Pendidikan Islam dalam Buku Puisi Kepayang Karya Abdul Wachid Bs Sebagai Sebuah Contoh Pemaknaan Puisi (Kajian Semiotika Michael Riffaterre)”. Purworejo: Jurnal Bahtera. Vol 2, No. 5: 1-22.
Prasetyani, Murtanita Wiji, Sukirno, Umi Faizah. 2017. Nilai Religius Novel Kanvas Karya Bintang Purwanda Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya Di Kelas XII SMA. Purworejo: Jurnal Surya Bahtera. Vol 05, No. 49: 794-800.
Sahlan, Asmaun. 2011. Religius Perguruan Tinggi. Malang: UIN-Maliki Press.
Sasmita, Kirana Candra, Kadaryati, Suci Rizkiana. 2017. Analisis Nilai Religiusitas Novel Khaddam Karya Diyana Millah Islami Dan Skenario Pembelajarannya Di Kelas XI SMA. Purworejo: Jurnal Surya Bahtera. Vol 05, No. 49: 780-786.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianton, Teguh. 2013. Film sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yusuf, A Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.