ANALISIS TINDAK TUTUR KOMISIF PADA TERJEMAHAN AL-QUR’AN SURAT AL AHZAB DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bentuk-bentuk tindak tutur komisif yang terdapat pada terjemahan Al-Qur’an surat Al Ahzab 2) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berupa terjemahan Al-Qur’an surat Al Ahzab. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai unsur utama dibantu dengan alat kartu pencatat data dan alat tulisnya. Dalam analisis data dilakukan dengan menggunakan metode padan. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 1) fungsi tindak tutur komisif promises (menjanjikan) yang memiliki fungsi mengutuk, bersumpah, berkontrak, bertaruh, menjamin, menyerah, dan mengundang, sebaliknya offers (menawarkan) yang memiliki fungsi mengusulkan dan menawarkan meliputi: (a) fungsi promises (menjanjikan) sebanyak 20 tuturan, mengutuk 5 tuturan, bersumpah 2 tuturan, berkontrak 2 tuturan, bertaruh 3 tuturan, menjamin 3 tuturan, menyerah 1 tuturan,dan mengundang 4 tuturan, (b) fungsi offers (menawarkan) sebanyak 5 tuturan, yang terbagi menjadi mengusulkan 4 tuturan dan menawarkan sebanyak 1 tuturan; 2) rencana pembelajaran dilakukan dengan menggunakan acuan kurikulum 2013, KD 3.24 menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan. Metode pembelajaran yang digunakan diskusi, pemberian tugas dan presentasi. Penilaian dilakukan dengan metode tes tulis dan lisan.
Kata kunci : tindak tutur komisif, terjemahan Al-Qur’an, rencana pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta: Kencana.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Bagiya. 2017. Linguistik Umum. Yogyakarta: Jumat Publishing.
Chaer, Abdul.2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta:Rineka Cipta.
Fitriana, Ersa, Bagiya, dan Suryo Daru Santoso. 2018. “Analisis Tindak Tutur Deklaratif dan Komisif dalam Novel Antara Cinta dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 51. Hal. 1-8. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Hariandi, Ahmad. (2019). “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDIT Aulia Batanghari”. Vol.4 No. I. Hal. 10-21. http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala. Diunduh pada tanggal 2 Mei 2020.
Ibrahim, Abdul syakur, dan Winarsih suko. (2012). “Disorder Pragmatik Anak Tuna Rungu dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas”. LITERA. Vol. 11 No.2. Hal. 184-184. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1058 .Diunduh pada tanggal 14 Mei 2020.
Ibrahim, Abd. Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. (Terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: Universitas Indonesia Press (UI-Press).
Nugroho, Asep, Bagiya, dan Nurul Setyorini. 2018. “Analisis Tindak Tutur Komisif pada dialog Film Stip dan Pensil Sutradara Ardy Octaviand dan Relevansinya pada Pembelajaran Siswa Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 54.Hal.552-559. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Rahmawati, Alviani, Bagiya, dan Faizah. 2018. “Analisis Tindak Tutur Ekspresif dan Komisif pada Film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA” Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 51. Hal.148-155. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIF Semarang Press.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Tarigan, Henry G. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Yule, George. 2006. Pragmatik. (Terjemahan Dari Indah Fajar Wahyun)i.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuhriyah, Aminataz, Bagiya, dan Kadaryati. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dan Komisif pada Film Negeri Lima Menara Karya Ahmad Fuadi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 51. Hal. 156-163. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.