PRINSIP KERJA SAMA DALAM FILM IQRO-MY UNIVERSE SUTRADARA IQBAL ALFAJRI DALAM RANGKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA DI KELAS XI SMA

Fanik Bani Kuningrum, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pematuhan prinsip kerja sama dalam film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri; (2) pelanggaran prinsip kerja sama dalam film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri; dan (3) pembelajaran keterampilan berbicara dalam film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri di kelas XI SMA.  Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data berupa film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri. Objek penelitian inj berupa pematuhan dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap. Intrumen penelitian menggunakan bantuan kartu pencatat data. Teknik analisis data yang penulis gunakan merupakan metode padan dengan teknik daya pilah pragmatis. Penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik informal. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) pematuhan prinsip kerja sama pada film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri terdapat 15 bentuk tuturan yang terdiri dari 3 tuturan maksim kuantitas, 7 tuturan maksim kualitas, 3 tuturan maksim relevansi, dan 2 tuturan maksim pelaksanaan; (2) pelanggaran prinsip kerja sama pada film Iqro-My Universe sutradara Iqbal Alfajri terdapat 17 bentuk tuturan yang terdiri dari 2 tuturan maksim kuantitas, 2 tuturan maksim kualitas, 10 tuturan maksim relevansi, dan 3 tuturan maksim pelaksanaan; (3) pembelajaran keterampilan berbicara dengan media film Iqro-My Universe dilaksanakan untuk mencapai KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk bahan pembelajaran berbicara kelas XI SMA.

 

Kata Kunci: Prinsip Kerja Sama, Film Iqro-My Universe, Pembelajaran Keterampilan Berbicara


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Astri, Setyorini. 2019. “Penggunaan Prinsip Kerja Sama dalam Percakapan Sinetron Di Sebelah Ada Surga Episode 4”. Jurnal SEMANTIKA. Universitas Peradaban. Vol. 1, No. 01. www.ejurnal.umus.ac.id.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, Umi. 2014. “Retorika sebagai Ilmu Komunikasi dalam Pendidikan”. Jurnal

Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol 1, No. 02. www.ejurnal.umpwr.ac.id.

Faizah, Umi. 2019. Pengantar Keterampilan Berbicara. Yogyakarta: Media Perkasa.

Liawati, Bagiya, Faizah. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film

Cinta Laki-Laki Biasa Sutradara Guntur Soeharjanto dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol 7, No. 1. www.ejurnal.umpwr.ac.id.

Putri, Djatmika, Santosa. 2017. The Translation of Turn Which Accomodates

Flouting Maxim of Cooperative Principle in the Cairo Affair Novel By Olen Steinhauer. Universitas Sebelas Maret. Vol. 2, No. 1. www.ejurnal.uns.ac.id.

Putri, Fakhrudin, Faizah. 2018. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi pada Film Air Mata

Surga Sutradara Hestu Saputra dan Relevansinya dengan Pembelajaran Keterampilan Menyimak dan Berbicara di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Vol 6, No. 51. www.ejurnal.umpwr.ac.id.

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik. Yogyakarta: Erlangga.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabets.

Sulistyowati, Winda. 2014. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur

Percakapan dalam Film Petualangan Sherina Karya Riri Riza. Universitas Airlangga. www.ejurnal.unair.ac.id.

Tarigan, Hery Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Trianton, Teguh. 2013. “Film sebagai Media Belajar”. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka.Trianton, Teguh. 2013. Film

sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.