Majas dalam Album Mantra Mantra Karya Kunto Aji dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA

Sahdi Tamamunni'am, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk majas yang terdapat dalam album Mantra Mantra karya Kunto Aji dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran majas dengan menggunakan lirik lagu album Mantra Mantra karya Kunto Aji di kelas X SMA. Sumber data penelitian ini adalah lirik lagu berbahasa Indonesia pada album Mantra Mantra (2018) karya Kunto Aji. Objek penelitiannya adalah penggunaan majas yang terdapat dalam lirik lagu pada album Mantra Mantra (2018) karya Kunto Aji serta relevansi lirik lagu tersebut sebagai bahan pembelajaran apresiasi puisi di SMA. Penelitian ini difokuskan pada analisis bentuk majas pada lirik lagu serta relevansinya sebagai bahan pembelajaran apresiasi puisi di SMA melalui lirik lagu dalam album Mantra Mantra (2018) karya Kunto Aji. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dan catat dengan penulis sendiri sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis padan dan hasilnya dipaparkan menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) lirik lagu pada album Mantra Mantra karya Kunto Aji menggunakan beragam majas, yakni majas penegasan (aferesis, bombastis, pararima, dan sinkope), majas perbandingan (hiperbola, personifikasi, simbolik, dan sinekdoke pars prototo), majas pertentangan (kontradiksi), dan majas sindiran (ironi), dan (2) lirik lagu pada album Mantra Mantra karya Kunto Aji relevan digunakan sebagai rencana pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi di SMA karena liriknya banyak mengandung majas yang dapat digunakan sebagai contoh ketika pembelajaran apresiasi puisi. Pembelajaran apresiasi puisi dengan materi lirik lagu pada album Mantra Mantra karya Kunto Aji di SMA dapat dilakukan dengan tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Pada perencanaan, guru membuat RPP, menyiapkan media audiovisual, dan instrumen penilaian. Pada tahap pelaksanaan, guru menggunakan metode diskusi kelompok sebagai metode pembelajaran. Pada tahap evaluasi dan refleksi, guru menganalisis proses dan hasil belajar guna mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran dan menyusun penyempurnaan dalam pembelajaran selanjutnya.

Full Text:

PDF

References


Aji, Kunto. 2018. Mantra Mantra. Juni Records. 9 lagu.

Azizah, Ririn Nurul;Bagiya; dan Faizah. 2018. “Analisis Gaya Bahasa Novel Hujan Karya Tere Liye dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya pada Siswa Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera,6, (51).

Fitriyani; Bagiya; dan Santoso, Suryo Daru. 2018. “Penggunaan Majas dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera,6, (52).

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha.2009. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zaimar, Kusuma Sumantri. 2002. “Majas dan Pembentukannya”. Makara, Sosial Humaniora,6, (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.