ANALISIS SEMIOTIKA PADA BUSANA ADAT KABUPATEN KEBUMEN SERTA RELEVANSINYA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONENSIA SISWA SMP KELAS VII

Arina Dina Sofiyatun, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) makna yang terkandung dalambusana adat Kabupaten Kebumen; (2) relevansi kajian semiotik busana adat Kabupaten Kebumen terhadap materi pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah busana adat Kabupaten Kebumen. Fokus penelitian ini adalah kajian semiotika busana adat Kabupaten Kebumen dengan teori Roland Barthes. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumentasi Peraturan Bupati Kebumen. Instrumen penelitian ini adalah penulis sebagai peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan dengan teknik dasar daya pilah sebagai referen. Dalam penyajian hasil analisis, penulis menggunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) hasil temuan semiotika busana adat Kabupaten Kebumen meliputi: busana laki-laki terdapat Ikat kepala memiliki makna hubungan yang harus dijaga manusia, Surjan memiliki makna pelita/penerang, Ikat Pinggang memiliki makna manusia menggunakan badannya untuk bekerja sungguh-sungguh, Lancingan Bebed Panjenmemiliki makna manusia harus tekun dan rajin dalam bekerja mencari rezeki, Celana Komprang memiliki makna hidup itu harus sesuai aturan, Sandal bandolanmemiliki makna manusia harus menghargai apapun dan siapapun; busana perempuan terdapat Jilbab Warna Krem memiliki makna kelembutan dan klasik, Kebaya Kartini memiliki makna perempuan dengan tipikal lemah lembut, Stagenmemiliki makna perempuan yang mampu menyesuaikan diri, Kain Jagatan Latar Putih dengan Wiron Mataraman memiliki makna jangan mudah iri terhadap orang lain, (2) relevansi materi pembelajaran bahasa Indonesia pada busana adat Kabupaten Kebumen di kelas VII SMPdapat dilaksanakan sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.1.mengidentifikasikan informasi dalam teks deskripsi tentang objek yang didengar maupun dibaca.

Kata kunci:Semiotika, busana adat Kabupaten Kebumen, relevansi materi

Full Text:

PDF

References


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) makna yang terkandung dalambusana adat Kabupaten Kebumen; (2) relevansi kajian semiotik busana adat Kabupaten Kebumen terhadap materi pembelajaran bahasa Indonesia siswa SMP kelas VII.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah busana adat Kabupaten Kebumen. Fokus penelitian ini adalah kajian semiotika busana adat Kabupaten Kebumen dengan teori Roland Barthes. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari dokumentasi Peraturan Bupati Kebumen. Instrumen penelitian ini adalah penulis sebagai peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan dengan teknik dasar daya pilah sebagai referen. Dalam penyajian hasil analisis, penulis menggunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) hasil temuan semiotika busana adat Kabupaten Kebumen meliputi: busana laki-laki terdapat Ikat kepala memiliki makna hubungan yang harus dijaga manusia, Surjan memiliki makna pelita/penerang, Ikat Pinggang memiliki makna manusia menggunakan badannya untuk bekerja sungguh-sungguh, Lancingan Bebed Panjenmemiliki makna manusia harus tekun dan rajin dalam bekerja mencari rezeki, Celana Komprang memiliki makna hidup itu harus sesuai aturan, Sandal bandolanmemiliki makna manusia harus menghargai apapun dan siapapun; busana perempuan terdapat Jilbab Warna Krem memiliki makna kelembutan dan klasik, Kebaya Kartini memiliki makna perempuan dengan tipikal lemah lembut, Stagenmemiliki makna perempuan yang mampu menyesuaikan diri, Kain Jagatan Latar Putih dengan Wiron Mataraman memiliki makna jangan mudah iri terhadap orang lain, (2) relevansi materi pembelajaran bahasa Indonesia pada busana adat Kabupaten Kebumen di kelas VII SMPdapat dilaksanakan sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.1.mengidentifikasikan informasi dalam teks deskripsi tentang objek yang didengar maupun dibaca.

Kata kunci:Semiotika, busana adat Kabupaten Kebumen, relevansi materi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.