ANALISIS UNSUR CINTA DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA NOVEL CINTA DALAM DIAM KARYA SHINEEMIN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XlSMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur Intrinsiknovel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka, (2) unsur-unsur cinta dalam perspektif Islam, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber penelitianini adalah novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan unsur cinta dalam perspektif Islam. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik, unsur cinta dalam perspektif Islam novel, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka, teknik baca dan teknik catat. Insrumen penelitian ini adalah peneliti dibantu kartu pencatat data. Dalam analisis data digunakan model interaktif (interactive model). Dalam teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka terdiri atas: (a)tema, meliputi tema mayor dan tema minor. Tema mayor: percintaan tokoh utama yang bermula dari sebuah perjodohan, sedangkan tema minor meliputi: masalah perjodohan, masalah kesetiaan, masalah penghianatan, dan masalah fitnah, (b) tokoh dan penokohan dibagi atas tokoh utama, yaitu Zahra (sabar, setia, dan penurut), Ali (tampan, perhatian, dan alim) dan tokoh tambahan, antara lain: Ayana, Danang, Mama Zahra, dan Andra, (c) alur: maju, (d) latar terdiri dari: latar tempat meliputi: rumah Ali, kantin, kampus, Singapore, hotel, rumah sakit, Malang; latar waktu antara lain: pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari; latar sosial antara lain; latar sosial dari kalangan orang-orang kaya; (2) unsu-unsur cinta dalam perspektif Islam terdiri dari: (a) cinta mawaddah (kecenderungan pada pasangan, adanya perhatian, usaha mendapatkan ridha pasangan, dan adanya kecemburuan), (b) cinta syaghaf (lupa diri dan berpikir tidak realistis), (c) cinta shabwah (hilang akal sehat dan tindakan kejahatan), (d) cinta syauq (perasaan rindu), dan (e) cinta kulfah; (perasaan mendidik dan dampak pendidikan positif); (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan kurikulum 2013 yakni KD 3.11 menganalisis pesan dari satu buku yang dibaca. Pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran Two Stay- Two Stray (TS-TS). Penilaian yang digunakan dengan metode testertulis.
Kata kunci : cinta, Islam, novel, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Preamedia Group.
Arikunto, Suharsimi. 2013. ProsedurPenelitianSuatuPendekatan Praktik.Yog¬yakarta: Rineka Cipta.
Azizah, YuliaFatfa., Kadaryati, Setyorini, Nurul. 2018. “KajianIntertekstualitasPuisiKita AdalahPemilikSahRepublikIniKaryaTaufik Ismail danPuisiGerilyaKaryaWs. RendradanSkenarioPembelajarannya di Kelas X SMK”. Surya Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6 No55 (2018).
Dianawati, Kadaryati, &FaizahUmi. 2017. “Analisis Nilai Religius Tokoh Utama pada Kumpulan Cerpen Lukisan Kaligrafi Karya Ahmad Mustofa Bisri dan Pembelajarannya di SMA”. Surya Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5 no 44 (2017).
Fatimah, Khusnul.,Bagiya, &Kadaryati. 2018. “AnalisisTindakTuturDirektifdalam Dialog Film Bidadari-BidadariSurgaSutradara Sony GaokasakdanSkenarioPembelajarannya di Kelas XI SMA”. Surya Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 6 No51 (2018).
Heru, Bagiya, &Santoso, SuryoDaru. 2017. “NilaiReligiusdalam Novel SulukGunungJatiKarya E. RokajatAsuradanSkeniarioPembelajarannya di SMA”.Surya BahteraJurnalPendidikanBahasadanSastra Indonesia.Vol 5 nomor 49 (2018).
Mari’ah, Bagiya, &Setyorini, Nurul. 2017. “Nilai Religius dalam Novel PesantreImpian Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Surya Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 5 no 47 (2017).
Milles &Huberman.1992. Analisis Data Kualitatif.Jakarta: Universitas
In¬do¬nesia Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nursisto. 2000. Ikhtiar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya.
Priyatni, Sukirno, &Bagiya. 2018. “AnalisisTindakTuturDirektifdanEkspresifpada Novel PesawatKertasTerakhirKaryaAlyandradanSke¬narioPembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Genre. Vol.1 Nomor 1 (2019).
Purba, Antilian. 2008. Esai Sastra Indonsia dan Teori dan Penulisan.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ridha, Abdurrasyid. 2000. Memasuki Makna Cinta. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Safitri, Ika. 2017. “Cinta Dalam Diam”. Jakarta: Bintang Media.
Sangidu, 2004.Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Ssatra Asia Barat.
Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Semi, Atar. 2003. Metodologi Penelitian Sastra dan Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Hanindita Graha.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Zahara, Harun, & Iskandar. 2018. “Analisis Unsur Cinta Dalam Perspektif Islam Pada Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia”. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol. 12 Nomor 1 (2018).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.